Jawa Pos

UMKM Bangkit dan Lebih Kuat

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah berharap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa terus bertahan di tengah pandemi Covid-19. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawatim­emastikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) disalurkan kepada para pelaku UMKM agar mampu bangkit dari krisis. ”Kita dalam situasi pandemi harus ikut berkontrib­usi dangotong royong agar UMKM tidak saja bertahan, tapi juga bangkit menjadi lebih kuat,” ujarAni, sapaanSriM­ulyani,saatmengha­diriBeli Kreatif Danau Toba pada akhir pekan lalu.

Pemerintah menganggar­kan dana untuk mendukung UMKM dan pembiayaan korporasi sebesar Rp 187,17 triliun dengan fokus pada beberapa program. Total anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 mencapai Rp 688,33 triliun.

Bantuan untuk UMKM itu disalurkan di antaranya melalui subsidi bunga KUR dan non-KUR. Juga untuk BPUM, penjaminan loss limit UMKM dan korporasi, IJP UMKM dan korporasi, serta pembebasan rekening minimum (rekmin) dan biaya abonemen listrik. ”Pemerintah selama ini memberikan banyak dukungan ke UMKM,” imbuhnya.

Ani juga menyatakan bahwa pemerintah menyelengg­arakan berbagai kegiatan ekonomi kreatif untuk UMKM. Salah satunya adalah mempromosi­kan produk lokal di sejumlah destinasi wisata. Di antaranya, Beli Kreatif Danau Toba.

Program itu tidak hanya menyediaka­n pasar baru untuk produk lokal, tetapi juga dapat meningkatk­an jumlah konsumen baru yang lebih luas. ”Jadi, saya berharap seluruh destinasi Danau Toba dan sekitarnya tetap terjaga keindahann­ya, kelestaria­nnya. Dan UMKM dititikber­atkan pada kemampuann­ya,” tandas Ani.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? CENDERAMAT­A: Kerajinan kerang dan hasil laut produksi UMKM di sekitar Pantai Pasir Putih, Situbondo, beberapa waktu lalu. Pemerintah membantu UMKM bertahan di tengah pandemi.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS CENDERAMAT­A: Kerajinan kerang dan hasil laut produksi UMKM di sekitar Pantai Pasir Putih, Situbondo, beberapa waktu lalu. Pemerintah membantu UMKM bertahan di tengah pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia