Jawa Pos

Jadi Jalur Maut Imbas Tiang Listrik

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Pembanguna­n Jalan Wiroguno yang diproyeksi­kan jadi jalan nasional di wilayah Genteng, Banyuwangi, tengah memicu kontrovers­i. Gara-garanya, jalan yang sudah lebar itu malah berubah menjadi jalur maut.

Pemicunya, di sepanjang jalan tersebut ternyata masih terdapat tujuh unit tiang listrik yang berdiri meger-meger di tengah jalan. Sebab, di saat jalan sudah dilebarkan, utilitas tersebut ternyata tak juga dipindah.

Sudah beberapa kali jalur itu memakan korban. Terakhir terjadi pada Kamis (18/2). Seorang pengendara motor menabrak tiang listrik yang berada di tengah jalan. Diduga, korban tidak paham medan jalan.

Kok bisa? Pelaksana Harian (Plh) Bupati Mujiono mengatakan, pembanguna­n Jalan Wiroguno digulirkan untuk pengembang­an kawasan Genteng dan sekitar. ”Pembebasan lahan dilakukan. Karena sudah siap, maka pembanguna­n harus segera dilakukan. Lebar jalan yang awalnya hanya 4 meter dilebarkan menjadi 8 meter,” kata dia.

Sejak awal, pemkab juga berkoordin­asi dengan pihak terkait, termasuk PT Listrik Negara (PLN). Sebab, tiang listrik yang awalnya berlokasi di tepi jalan akan berada di tengah saat jalan dilebarkan. Namun, pada 2020, perusahaan tersebut tidak memiliki anggaran untuk memindahka­n tiang listrik di Jalan Wiroguno. ”Solusi awal, dipasang rambu lalu lintas, papan peringatan, dan lampu penerangan jalan umum (LPJU). Namun, seiring berjalanny­a waktu, ramburambu tersebut hilang,” ujarnya.

Sementara itu, kabar terakhir, PLN segera memindahka­n tiang listrik tersebut pekan ini. ”Untuk sementara ini, sejak kejadian kecelakaan tersebut, tiang telah kami cat fosfor yang menyala. Sembari menunggu tiang dipindah,” ujarManage­rPLNUP3Ban­yuwangi Krisantus Hendro Setyawan.

 ?? SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR GENTENG ?? RAWAN KECELAKAAN: Tiang listrik yang berdiri di badan jalan Dusun Balokan, Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, ini kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.
SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR GENTENG RAWAN KECELAKAAN: Tiang listrik yang berdiri di badan jalan Dusun Balokan, Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, ini kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia