Jawa Pos

FEBRUARI KELABU UNTUK ROJIBLANCO­S

-

MADRID, Jawa Pos – Kekalahan 0-2 oleh Levante di Wanda Metropolit­ano kemarin (21/2) merupakan laga La Liga pemungkas Atletico Madrid (ATM) bulan ini. Laga yang mencermink­an betapa kelabunya performa Los Rojiblanco­s sepanjang Februari.

Dari empat laga yang dilakoni, hanya sekali skuad asuhan Diego Simeone meraih kemenangan. Sisanya, selain kekalahan kandang kali pertama musim ini oleh Levante, Koke dkk hanya bermain seri dalam dua pertanding­an lainnya.

Secara keseluruha­n, ATM membuang 7 poin dari poin maksimal 12. Sebuah kerugian besar bagi klub yang sejatinya memiliki peluang meninggalk­an jauh juara bertahan, rival sekota, sekaligus penguntit terdekat: Real Madrid.

Ketika ATM buang-buang poin, Real malah sapu bersih empat laga (12 poin). Termasuk menang 1-0 atas Real Valladolid di Estadio Jose Zorrilla kemarin. Alhasil, Real kini memangkas gap dengan ATM menjadi hanya tiga poin (52-55).

”Kami memiliki kesempatan memimpin 10 poin, bahkan 13 poin (karena ATM bermain satu laga lebih sedikit ketimbang Real, Red), dan kini kami menyia-nyiakannya,” keluh Simeone seperti dilansir Mundo Deportivo.

Sebelum Februari, ATM begitu konsisten mendulang poin. Los Rojiblanco­s menorehkan streak kemenangan dalam delapan jornada beruntun. ”Semua tim yang menjalani kompetisi panjang pasti memiliki masalah (terhadap konsistens­i, Red). Jadi, bukan hanya Atletico (melainkan juga klub lain, Red),” imbuh Simeone.

Hanya, inkonsiste­nsi ATM datang tidak dalam momen tepat. Sebab, mereka yoyo saat bakal melakoni fase knockout Liga Champions pada Rabu dini hari (24/2). ATM bakal menghadapi Chelsea dalam first leg 16 besar dan itu tidak berlangsun­g di Wanda Metropolit­ano. Laga dipindah ke Arena Nationala di Bukares.

Kekalahan kemarin sekaligus bukti bahwa Koke dkk tidak belajar dari hasil seri 1-1 juga kontra Levante pada Kamis (18/2). Laga itu merupakan agenda tunda dari jornada kedua yang seharusnya dihelat pada 20 September 2020 tapi dijadwal ulang karena pandemi Covid-19.

Dalam laga kemarin, ATM yang melepaskan 28 tembakan sepanjang laga tak sekali pun menorehkan gol. Statistik itu menjadi yang terburuk bagi Los Rojiblanco­s di semua ajang sejak ditangani Simeone pada 23 Desember 2011.

Sebaliknya, memangkas gap dengan ATM seolah membangkit­kan memori hebat Real musim lalu. Yaitu, ketika Los Blancos berhasil memenangi 10 laga dan 1 kali seri dari 11 jornada pemungkas untuk menahbiska­n gelar ke-34 La Liga.

Skuad asuhan Zinedine Zidane memang sudah kalah empat kali di La Liga musim ini dan mengawali start dengan menempati peringkat kesepuluh. Tapi, sejak jornada ketiga, Sergio Ramos dkk merangsek ke empat besar dan konsisten di zona Liga Champions tersebut.

 ?? MIGUEL MEDINA/AFP CESAR MANSO/AFP ?? BUANGBUANG POIN: Gestur gelandang Atletico Madrid Marcos Llorente setelah timnya kebobolan gol kedua Levante di Wanda Metropolit­ano.
MIGUEL MEDINA/AFP CESAR MANSO/AFP BUANGBUANG POIN: Gestur gelandang Atletico Madrid Marcos Llorente setelah timnya kebobolan gol kedua Levante di Wanda Metropolit­ano.
 ??  ?? PAHLAWAN KEMENANGAN: Gelandang bertahan Real Madrid Casemiro berselebra­si setelah membobol gawang Real Valladolid di Estadio Jose Zorrilla kemarin (21/2).
PAHLAWAN KEMENANGAN: Gelandang bertahan Real Madrid Casemiro berselebra­si setelah membobol gawang Real Valladolid di Estadio Jose Zorrilla kemarin (21/2).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia