Jawa Pos

Batalkan Perjalanan KA ke Jakarta karena Banjir

-

SURABAYA, Jawa Pos – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalka­n sejumlah perjalanan menuju DKI Jakarta kemarin (21/2). Kebijakan tersebut diterapkan menyusul terjadinya musibah banjir yang melanda ibu kota. Ada jalur KA yang digenangi air dan sulit dilintasi.

Pembatalan perjalanan tersebut disampaika­n Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif kemarin. Dia menyebutka­n, setidaknya ada enam perjalanan menuju Jakarta yang dibatalkan

Tiga kereta berangkat dari Stasiun Pasar Turi. Dua dari Gubeng dan sisanya dari Malang.

’’Yang dibatalkan di Stasiun Pasar Turi adalah perjalanan KA Sembrani (relasi Surabaya Pasar Turi–Gambir), KA Anggrek (Pasar Turi–Gambir), dan KA Dharmawang­sa (Pasar Turi–Pasar Senen),” ungkap Luqman.

Dia menjelaska­n bahwa penerapan kebijakan tersebut sudah melalui rapat. Hal itu dilakukan demi keselamata­n masyarakat. Menurut Luqman, petugas KAI telah mengecek jalur kereta Surabaya–Jakarta atau sebaliknya. Ada titik rel yang terendam cukup parah. Di antaranya, area Kedunggede­h dan Lemah Abang, Jakarta.

Di kawasan tersebut, rel KA terendam hingga 150 cm. Air tidak saja menggenang­i jalur KA. Banjir juga mengakibat­kan fondasi batu balas pada rel tergerus air.

Saat ini, kata Luqman, tim KAI masih melakukan perbaikan. Rehab dilaksanak­an bertahap. Salah satunya dengan menurunkan beton pada rel yang digenangi air.

Luqman menjelaska­n, pembatalan masih dilakukan untuk jadwal Minggu (21/2). KAI belum bisa memutuskan perjalanan hari ini (22/2). ’’Nanti kami update,” tegas Luqman.

Menurut dia, pembatalan tersebut telah disosialis­asikan kepada penumpang. Ada petugas yang siaga di stasiun. Pengumuman juga disampaika­n via medsos dan WhatsApp (WA).

KAI meminta masyarakat tak perlu khawatir. Biaya pembelian tiket sepenuhnya dikembalik­an. Saat ini KAI masih menghitung jumlah penumpang yang terdampak pembatalan. ’’Uang tiket bisa diambil di stasiun,” ujar Luqman.

 ?? SATPOL PP FOR JAWA POS ?? TERDAMPAK: Penumpang di Stasiun Pasar Turi hendak naik kereta api. Hari ini perjalanan menuju Jakarta dibatalkan karena banjir.
SATPOL PP FOR JAWA POS TERDAMPAK: Penumpang di Stasiun Pasar Turi hendak naik kereta api. Hari ini perjalanan menuju Jakarta dibatalkan karena banjir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia