Jawa Pos

Bersihkan Sampah di Area Benteng

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebanyak 100 orang siswa, guru sekolah, dan orang tua siswa terlihat berkumpul di area Benteng Kedung Cowek kemarin pagi. Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. ”Kami mulai pukul 06.00. Saya di sini membawa lima siswa,” kata guru SDN Tanah Kali Kedinding I Janny Mudjijanto.

Dia bersama para murid menyisir area pesisir, mulai utara sampai selatan. Kegiatan bersih-bersih itu berlangsun­g selama 1,5 jam tersebut. Kebanyakan sampah yang dikumpulka­n berjenis plastik, sedotan, atau kayu bekas. Tidak saja mengapung di air laut, tapi juga masuk ke sela-sela bebatuan.

Lintang Arimby Langga, salah seorang siswi, mengatakan, dirinya sangat antusias dengan kegiatan bersih-bersih pantai tersebut. Dia bersama guru dan siswa lain tak segan masuk ke area bebatuan sembari memunguti sampah secara perlahan. Dengan kayu kecil dan sarung tangan, dia memasukkan sampah ke keranjang yang telah disediakan DKRTH Surabaya.

Kegiatan yang diinisiato­ri Tunas Hijau itu dilakukan untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari. ”Jadi, sekalian memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya pengelolaa­n, bahkan pengolahan sampah,” kata Presiden Tunas Hijau Zamroni.

Total keseluruha­n sampah yang berhasil dikumpulka­n mencapai 4 truk sampah. Bulan ini mereka berfokus membersihk­an sekitar pesisir Kenjeran, Bulak. ”Bulan depan pindah ke Tambak Wedi,” ujarnya.

 ?? FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS ?? EDUKASI LINGKUNGAN: Guru dan siswa mengambil sampah yang memenuhi pesisir Kedung Cowek kemarin.
FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS EDUKASI LINGKUNGAN: Guru dan siswa mengambil sampah yang memenuhi pesisir Kedung Cowek kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia