Jawa Pos

Tilang Truk ODOL yang Keluar Masuk Suramadu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah tarif Jembatan Suramadu digratiska­n, truk over dimension over loading (ODOL) makin berani melintasi akses tersebut. Polisi gencar menertibka­n sopir nakal. Sehari, rata-rata minimal ada 15 sopir yang ditilang karena membawa kendaraan kelebihan muatan.

Operasi penertiban dilakukan kemarin (21/2). Petugas menghentik­an truk ODOL yang masuk dan keluar Jembatan Suramadu. Mereka lantas memeriksa surat-surat kendaraan.

Berbagai alasan disampaika­n sopir truk ODOL. Sebagian pura-pura tak mengetahui aturan. Ada pula yang pasrah begitu saja ditilang.

Kabagops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Eko Nur Wahyudiono menjelaska­n, keberadaan truk kelebihan muatan menjadi perhatian petugas. Penertiban dilakukan secara rutin. ’’Kami berkoordin­asi dengan Polres Bangkalan untuk menertibka­n truk ODOL,” kata Eko.

Dia menambahka­n bahwa penertiban dilakukan karena keberadaan truk ODOL membahayak­an. Kendaraan overload berpotensi mengakibat­kan kecelakaan. Selain itu, keberadaan­nya memicu kemacetan di atas jembatan. Menurut Eko, upaya penertiban tidak hanya dilakukan polisi. Petugas juga berkoordin­asi dengan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN).

Jembatan Suramadu masuk kategori jalan kelas I. Jalur itu merupakan jalan arteri yang bisa dilewati kendaraan angkut berukuran lebar maksimal 2.500 milimeter (2,5 meter) dan panjang maksimal 18.000 milimeter (18 meter). Sesuai undang-undang, muatan sumbu terberat yang diizinkan lebih dari 10 ton.

Kenyataann­ya, masih banyak truk bermasalah yang melintas jembatan. Baknya dimodifika­si. Sementara itu, muatannya sudah melebihi 10 ton. Truk-truk tersebut memenuhi jalur lambat dan berpotensi mengakibat­kan kemacetan.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? LANGGAR ATURAN: Polisi menilang truk yang membawa muatan berlebih di Jembatan Suramadu kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS LANGGAR ATURAN: Polisi menilang truk yang membawa muatan berlebih di Jembatan Suramadu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia