Jawa Pos

Asyiknya Bersepeda sambil Tengok Satwa

-

SURABAYA, Jawa Pos - Jam menunjuk pukul 06.00. Tapi, suasana Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah riuh oleh pengunjung yang menaiki sepeda. Sambil mengayuh, mereka berkelilin­g menikmati suasana rindang dan menengok aneka satwa.

Masuk melewati pintu utama, puluhan pesepeda yang datang beriringan disambut oleh lolongan siamang. Teriakan primata hitam itu menarik perhatian pengunjung. Mereka mengeluark­an smartphone dan langsung potrat-potret.

Achmad Kursani termasuk salah seorang penggowes yang datang ke KBS kemarin (21/2). Dia bersama empat kawan SMA datang ke KBS karena ingin bernostalg­ia bersama teman-teman sepuhnya. ’’Sudah tiga puluh tahun nggak ke sini,’’ ucapnya.

Pria 60 tahun itu mengetahui adanya layanan gowes ke KBS dari grup media sosial komunitas sepeda. Tertarik, dia langsung janjian bersama empat kawannya. Dia kaget dengan perubahan lembaga konservasi tersebut. Menurut dia, kondisinya tambah bersih dan cantik. ’’Cuma memang pas gowes agak licin tadi,’’ ucapnya.

Hal senada diungkapka­n Ina Nurani. Mengajak teman sekompleks perumahan, mereka berangkat dari Gunungsari Indah. Dia senang dengan layanan gowes karena ingin merasakan sensasi yang berbeda. Gowes lebih asyik dan tidak capek.

Tak hanya rombongan komunitas sepeda, kemarin juga tampak beberapa keluarga yang datang bersama. Mereka ingin merasakan gowes dengan aneka satwa KBS. Total ada 97 pesepeda yang berkunjung saat layanan gowes to zoo kemarin.

’’Layanan ini untuk mewadahi pesepeda di akhir pekan,’’ ucap Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agung Supangkat. KBS melihat potensi ramainya pesepeda di metropolis saat akhir pekan. Layanan gowes to zoo dibuka mulai Sabtu (20/2).

Khusus untuk layanan pesepeda, KBS membuka lebih awal jam kunjungan. Pesepeda bisa menikmati suasana gowes mulai pukul 06.00 sampai 09.00. KBS juga menyediaka­n paket corporate dengan 50 pesepeda dan berbagai layanan tambahan.

Sejak pandemi, pengunjung KBS memang berkurang. Jumlah pengunjung hari biasa rata-rata 400 orang. Untuk weekend, ada sekitar dua ribu pengunjung. ’’Gowes ke KBS ini bagian upaya kami menarik pengunjung lebih banyak,’’ ucapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? DIMINATI: Pesepeda melintas di depan kandang unta. KBS membuka layanan gowes to zoo pada akhir pekan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS DIMINATI: Pesepeda melintas di depan kandang unta. KBS membuka layanan gowes to zoo pada akhir pekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia