Jawa Pos

Tempat Isolasi MPP Setengah Tahun Nonaktif

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Tempat isolasi di mal pelayanan publik (MPP) hingga kemarin (21/2) masih tutup. Ruangan yang dulu digunakan warga positif Covid-19 tanpa gejala itu belum difungsika­n lagi.

Sudah lebih dari enam bulan ruangan tersebut tidak ditempati. Ruang isolasi yang berada di lantai atas gedung di kawasan Lingkar Timur itu masih memiliki sarana dan prasarana memadai.

Tempat tidur untuk pasien tetap tersedia, termasuk lemari kecil untuk menyimpan pakaian juga masih ada. Beberapa tempat tidur dipinjam.

Namun, itu segera dikembalik­an. Sayang, tidak ada pasien dan petugas medis lagi di sana.

Warga yang terpapar virus korona dan tidak memiliki gejala kini banyak yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sebagian di antara mereka diisolasi di hotel yang disediakan pemerintah. Masih tersediany­a kuota untuk pasien di hotel itulah yang membuat MPP sampai saat ini tidak difungsika­n kembali.

Awalnya, kuota di hotel hanya untuk 60 orang. Namun, sekarang kuota sudah bertambah dua kali lipat menjadi 120 orang. Jumlah tersebut tidak selalu penuh terisi.

”Saat ini yang isolasi di hotel sekitar 30 orang. Sering kali jumlahnya kurang dari angka tersebut,” kata Sekretaris Dinkes Sidoarjo Zuhaida.

Mereka, ungkap dia, paling lama menjalani isolasi selama sepuluh hari. Bagi yang ada gejala ringan, isolasi ditambah tiga hari. Hanya, jarang yang isolasi mencapai belasan hari.

Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarm­an mengungkap­kan bahwa sampai sekarang belum ada keputusan final untuk penutupan MPP secara tetap. Angka kasus Covid di Sidoarjo masih terus bertambah.

Meskipun, jumlahnya tidak signifikan.

Pemerintah tetap menyediaka­n MPP untuk mengantisi­pasi lonjakan kasus. Terutama seusai Lebaran mendatang. Karena itu, penonaktif­an tempat isolasi tersebut membutuhka­n kajian yang mendalam. Meskipun, pihak dinkes pernah mengusulka­n untuk melakukan penutupan permanen setelah dinonaktif­kan.

”Pemerintah masih mempertimb­angkan kemungkina­n terjadinya peningkata­n kasus Covid kembali. Siaga jika ada warga yang terpapar dalam jumlah banyak,” lanjut Syaf.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MENGANGGUR: Suasana di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo di Jalan Lingkar Timur, Dusun Rangkah Lor, Bluru Kidul, kemarin (21/2).
ANGGER BONDAN/JAWA POS MENGANGGUR: Suasana di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo di Jalan Lingkar Timur, Dusun Rangkah Lor, Bluru Kidul, kemarin (21/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia