Jawa Pos

Sembilan Orang Resmi Dilantik Anggota ORI

-

JAKARTA, Jawa Pos – Sembilan orang kemarin (22/2) dilantik Presiden Joko Widodo sebagai anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Mereka akan bertugas dengan masa jabatan 2021 hingga 2026.

Mokh. Najih didapuk menjadi ketua ORI. Wakilnya adalah Bobby Hamzar Rafinus.

Sementara itu, Dadan Suparjo Suharmawij­aya, Hery Susanto, Indraza Marzuki Rais, Jemsly Hutabarat, Johanes Widiyantor­o, Robertus Na Endi Jaweng, dan Yeka Hendra Fatika terpilih menjadi anggota Ombudsman.

Pengangkat­an sembilan nama itu dalam keanggotaa­n ORI didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36/P Tahun 2021 tentang Pengangkat­an Keanggotaa­n Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan Tahun 2021– 2026. Sembilan nama tersebut merupakan bagian dari sejumlah nama yang pada 2 Desember lalu diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Nama-nama yang diserahkan presiden ke DPR telah melalui sejumlah tahap seleksi oleh panitia seleksi dengan proses yang sangat hati-hati. Sembilan nama itu kemudian dipilih dan ditetapkan dalam musyawarah mufakat Komisi II DPR pada 28 Januari lalu setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan.

Dalam sambutan saat serah terima jabatan di kantor Ombudsman, Najih menyampaik­an bahwa tantangan lima tahun ke depan tidak ringan. Dia pun mengapresi­asi kinerja Ombudsman sebelumnya. ’’Agar pimpinan Ombudsman yang baru dapat menjaga kekompakan dan semangat,’’ kata Najih.

 ?? LUKAS SETPRES ?? SIAP BEKERJA: Presiden Joko Widodo memberi salam setelah melantik sembilan anggota Ombudsman RI untuk masa jabatan 2021–2026 di Istana Negara kemarin (22/2).
LUKAS SETPRES SIAP BEKERJA: Presiden Joko Widodo memberi salam setelah melantik sembilan anggota Ombudsman RI untuk masa jabatan 2021–2026 di Istana Negara kemarin (22/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia