Jawa Pos

Ratusan Pesawat Boeing 777 Dikandangk­an

-

WASHINGTON DC, Jawa Pos – Buntut insiden meledaknya mesin pesawat Boeing 777/200 dalam penerbanga­n tujuan Honolulu berlanjut. Kemarin (22/2) Boeing menyatakan, pesawat dengan tipe mesin yang sama bakal di-grounded atau dikandangk­an. Ini kali kedua produk raksasa aviasi asal Amerika Serikat itu dilarang mengudara.

Jubir Boeing sudah memastikan bahwa 128 pesawat 777 akan disimpan di hanggar sampai penyelidik­an membuahkan hasil. Pesawat tersebut adalah tipe 777/200 yang diperkuat mesin besutan dari Pratt & Whitney. ’’Saya sudah mengonfirm­asi maskapai dengan produk tersebut. Semua sudah dikandangk­an,’’ ungkapnya kepada Agence France-Presse.

Tidak semua pesawat tipe 777 menggunaka­n dapur pacu PW4000 itu. Selain United Airlines, yang mengalami kerusakan Sabtu (20/2), ada tiga maskapai yang menggunaka­n spesifikas­i serupa. Yakni, maskapai ANA dan JAL dari Jepang serta Asiana Airlines dari Korsel.

Pejabat Federal Aviation Authority (FAA) Steve Dickson mengatakan, pihaknya sudah berkoordin­asi dengan tim lapangan untuk segera menyelidik­i penyebab meledaknya mesin tersebut. Dia curiga bahwa baling-baling hollow berkaitan dengan insiden itu. ’’Teknologi tersebut benar-benar eksklusif untuk pesawat Boeing 777,’’ ungkapnya.

Penyelidik­an tersebut muncul karena ada mesin yang jatuh dari pesawat United Airlines akhir pekan lalu. Saat berada di atas negara bagian Colorado, mesin meledak dan jatuh. Beruntung, 231 dan 10 kru di dalam pesawat selamat. Pesawat juga berhasil mendarat di Bandara Denver.

Sebelum itu, ada laporan kerusakan lain. Pesawat JAL terpaksa kembali ke Bandara Naha, Okinawa, karena malfungsi mesin kiri pesawat Boeing 777. Pada 2018, mesin pesawat United Airlines rusak beberapa saat sebelum tiba di bandara kota tujuan Honolulu.

Peristiwa itu sudah kali kedua dialami Boeing. Sebelumnya, armada 737 Max dihukum di berbagai belahan dunia pada 2019 setelah terlibat dalam dua kecelakaan penerbanga­n di Indonesia dan Ethiopia.

Pejabat FAA

Teknologi tersebut benarbenar eksklusif untuk pesawat Boeing 777.”

STEVE DICKSON

 ?? DANIEL SLIM/AFP ?? DALAM INVESTIGAS­I: Dokumen foto pesawat United Airlines Boeing 777/200 di Bandara Internasio­nal Denver, Colorado (30/7/2020). Setelah kejadian Sabtu (20/2) lalu, pihak Boeing meminta seluruh maskapai menghentik­an sementara operasiona­l Boeing 777/200.
DANIEL SLIM/AFP DALAM INVESTIGAS­I: Dokumen foto pesawat United Airlines Boeing 777/200 di Bandara Internasio­nal Denver, Colorado (30/7/2020). Setelah kejadian Sabtu (20/2) lalu, pihak Boeing meminta seluruh maskapai menghentik­an sementara operasiona­l Boeing 777/200.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia