Jawa Pos

Mepet Olimpiade, Piala Sudirman Digeser

-

JAKARTA, Jawa Pos − Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kembali menunda jadwal turnamen tahun ini. Kali ini giliran Piala Sudirman 2021. Kejuaraan beregu campuran itu awalnya dijadwalka­n pada 23−20 Mei di Suzhou, Tiongkok. Namun, kebijakan pemerintah Tiongkok yang melarang warga asing datang membuat BWF memilih menunda kejuaraan tersebut.

Hal itu dikonfirma­si dari Kepala Bidang Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto. Pria yang akrab disapa Rudy itu mengatakan, ini salah satu dampak aturan ketat yang ditetapkan tuan rumah. ’’Tiongkok belum memperbole­hkan atlet asing masuk. Kalaupun boleh, harus ada karantina dua minggu terlebih dahulu,’’ kata Rudy kepada pewarta kemarin.

Meski ditunda, Rudy menjelaska­n bahwa Suzhou tetap menjadi tuan rumah Piala Sudirman 2021. Hanya, jadwalnya akan digeser menjadi September mendatang.

Sebetulnya, kalaupun digelar sesuai rencana pada Mei, jadwalnya juga cukup mepet dengan Olimpiade Tokyo 2020. Olimpiade sendiri akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus. Selain itu, Mei masih masuk periode kualifikas­i. BWF memperpanj­ang periode kualifikas­i hingga 15 Juni 2021. Jika Piala Sudirman digelar pada September, itu juga berdekatan dengan jadwal Piala Thomas dan Uber 2020 (9−17 Oktober).

 ?? PP PBSI FOR JAWA POS ?? KENANGAN: Pebulu tangkis Kevin Sanjaya (kiri) dan partnernya, Marcus Fernaldi Gideon, saat tampil di Piala Sudirman 2019.
PP PBSI FOR JAWA POS KENANGAN: Pebulu tangkis Kevin Sanjaya (kiri) dan partnernya, Marcus Fernaldi Gideon, saat tampil di Piala Sudirman 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia