Jawa Pos

100 Persen Pemain Lokal

Persebaya Rencanakan Mulai Latihan pada 1 Maret

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah memutuskan ikut Piala Menpora 2021, manajemen Persebaya langsung bergerak. Kemarin (22/2) pelatih Green Force –julukan Persebaya– musim lalu Aji Santoso diajak bertemu membicarak­an program tim dan kapan akan mulai persiapan.

Ketika dihubungi Jawa Pos, Aji Santoso mengatakan, pertemuan di Kantor Persebaya kemarin membahas soal persiapan tim untuk Piala Menpora 2021. ”Yang pertama dalam minggu-minggu ini akan menyelesai­kan semua administra­si dengan pelatih maupun pemain,” tuturnya.

Urusan administra­si yang dimaksud adalah perihal kontrak. Pria berusia 50 tahun itu menyatakan, dalam minggu ini, manajemen segera memanggil semua pemain, staf pelatih, dan ofisial tim untuk pembahasan kontrak baru. ”Kalau urusan administra­si selesai, kemungkina­n nanti awal bulan, tanggal 1 Maret, sudah melakukan persiapan latihan untuk menghadapi turnamen Piala Menpora,” ungkapnya.

Aji menyadari, persiapan memang mepet. Dia berharap urusan administra­si bisa selesai dalam pekan ini.

Lantas, bagaimana soal pemain asing? Sebab, Persebaya kehilangan 4 legiun asingnya. Saat ini empat mantan pemain asing Persebaya musim lalu, yakni Mahmoud Eid, David da Silva, Makan Konate, dan Aryn Williams, sudah punya klub baru. David dan Konate bergabung klub Malaysia Trengganu FC.

Mahmoud bergabung dengan

Mesaimeer Sports Club di kasta kedua Liga Qatar. Sementara itu, Aryn Williams sudah tanda tangan kontrak dengan Havant & Waterloovi­lle di Inggris.

Soal pemain asing, Aji tak mau ambil pusing. Dia menuturkan, Persebaya tidak akan kebingunga­n untuk mencari pengganti para pemain asing tersebut. ”Di Piala Menpora ini, Persebaya tidak akan menggunaka­n pemain asing. Jadi, semua full lokal,” tegasnya.

Untungnya, sejauh ini hampir seluruh pemain lokal Persebaya memutuskan bertahan. Hanya ada nama Angga Saputro di posisi kiper yang pergi dan merapat ke Borneo FC. Sisanya, sangat mungkin bertahan.

Tanpa pemain asing, Aji menuturkan bakal memaksimal­kan potensi pemain muda yang ada dalam skuadnya. Nama-nama seperti Koko Ari hingga Supriadi kemungkina­n akan diberi kesempatan untuk unjuk gigi. ”Ya, Persebaya bakal memberikan kesempatan kepada pemain muda supaya nanti ketika kompetisi mereka sudah ada jam terbang,” terangnya.

Aji juga tidak menutup kemungkina­n ada kejutan. Artinya, akan ada pemain lokal baru yang diseleksi di Piala Menpora 2021. ”Insya Allah,” ucapnya singkat.

Aji menegaskan, meski dengan pemain lokal 100 persen, pihaknya tidak akan main-main. Target tinggi tetap dipatok Persebaya di Piala Menpora 2021 nanti. ”Kami ingin tetap berbicara maksimal di turnamen ini. Berusaha semaksimal mungkin meski tanpa pemain asing,” ungkapnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SIAP-SIAP:
Aji Santoso segera mengasah kemampuan para pemain lokal Persebaya untuk bersaing di Piala Menpora 2021.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SIAP-SIAP: Aji Santoso segera mengasah kemampuan para pemain lokal Persebaya untuk bersaing di Piala Menpora 2021.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia