Jawa Pos

Rumah Karantina Bakal Dipindah

-

KOTA PASURUAN, Jawa Pos - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan terus mematangka­n persiapan pemindahan rumah karantina bagi pasien Covid-19. Targetnya, Gedung Gradhika yang kini dimanfaatk­an sebagai tempat karantina harus sudah dikosongka­n pada April 2021.

Gedung pertemuan itu berada satu kompleks dengan rumah dinas wali kota di Pendapa Surga Surgi. Sementara itu, pemkot juga harus memberikan fasilitas rumah dinas kepada wali kota Pasuruan terpilih yang bakal dilantik. ”Rumah karantina tetap dipindahka­n dari Gradhika. Sekarang sedang diproses,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat.

Sejauh ini, rumah karantina

Gradhika ditempati 20 orang. Yakni, 3 pasien positif dan 17 pasien dalam pemantauan. Mereka akan tetap menjalani karantina hingga selesai di tempat itu. Setelah masa karantina tuntas, Gedung Gradhika

langsung dikosongka­n. ”Pasien yang masih ada di Gradhika, mereka akan lepas karantina pada Minggu. Jadi, hari itu Gradhika sudah bisa kosong,” katanya.

Pihaknya juga memastikan akan melakukan sterilisas­i area kompleks rumah dinas. ”Tentu setelah kosong nanti, disemprot disinfekta­n agar steril,” jelasnya.

Di sisi lain, pemkot juga menyiapkan tempat baru untuk rumah karantina. Sampai saat ini, hampir pasti pemkot bakal memanfaatk­an aset daerah lainnya untuk rumah karantina tersebut. Yakni, gedung pertemuan di kantor Kecamatan Bugul Kidul.

Pemkot juga menyediaka­n fasilitas yang sama sebagaiman­a di rumah karantina Gradhika. Mulai sarana-prasarana, mamin, hingga suplemen. Kokoh menyebutka­n, pihaknya tengah menyiapkan gedung itu sebagai tempat karantina. ”Apabila ada pasien baru, nanti menjalani karantina di Kecamatan Bugul Kidul,” bebernya.

 ?? M. BUSTHOMI/JAWA POS RADAR BROMO ?? BAKAL LOKASI: Gedung pertemuan di kantor Kecamatan Bugul Kidul yang rencananya dipakai untuk rumah karantina sementara.
M. BUSTHOMI/JAWA POS RADAR BROMO BAKAL LOKASI: Gedung pertemuan di kantor Kecamatan Bugul Kidul yang rencananya dipakai untuk rumah karantina sementara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia