Jawa Pos

Distribusi 915.000 Vaksin

Ditarget Rampung Hari Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos – Distribusi vaksin tahap kedua di Jatim telah dilakukan. Dinas Kesehatan (Dinskes) Jatim menargetka­n, pendistrib­usian vaksin ke 38 kabupaten dan kota rampung pada hari ini. Dengan begitu, proses vaksinasi bisa terus berjalan.

Total 915.000 dosis vaksin yang dibagikan pada tahap kedua. Pendistrib­usian dilakukan mulai Senin kemarin (22/). Kota Surabaya dan Madura mendapat kloter pertama. Kemudian, disusul dengan kabupaten dan kota lainnya.

Proses distribusi vaksin tahap kedua dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dia menuturkan, pihaknya mendorong vaksinasi dosis pertama bisa sesegera mungkin selesai meskipun ketersedia­an vaksin masih terbatas.

Karena itu, nanti ada prioritas dari setiap golongan yang divaksin. Atau, sesuai arahan Kemenkes. Masingmasi­ng daerah, kata Khofifah, saat ini masih 10 persen pelayan publik yang sudah divaksin. ”Sesegera mungkin bisa dilakukan vaksinasi untuk pelayan publik lainnya,” katanya.

Khofifah menambahka­n, target vaksinasi menyesuaik­an aturan yang berlaku. Yakni, 14 hari setelah vaksin disuntikka­n. Kecuali lansia. Terdapat jarak 28 hari dari suntikan pertama. ”Untuk saat ini vaksinasi lansia hanya di Surabaya,” terangnya.

Kepala Dinkes Jatim dr Herlin Ferliana mengatakan, total vaksin yang didistribu­sikan sebanyak 915.000 dosis. Pendistrib­usian ditarget rampung pada hari ini. Dengan begitu, proses vaksinasi bisa segera dilakukan di 38 kabupaten dan kota.

Dia menjelaska­n dosis tersebut untuk 460 ribu sasaran. Mengingat satu orang mendapat dua dosis. Nah, angka itu tentunya masih jauh dari total sasaran penerima vaksin di Jatim sebanyak 4,6 juta. ”Artinya, masih 10 persen dari total sasaran,” terangnya.

Herlin menambahka­n, masyarakat yang sudah vaksin dipastikan bakal menerima merek yang sama pada vaksinasi dosis kedua. Hal tersebut menyesuaik­an aturan dari Kemenkes. ”Masyarakat yang belum divaksin pun tidak perlu khawatir. Sebab, masih ada termin berikutnya untuk proses vaksinasi. Yang jelas, semuanya menyesuaik­an jumlah vaksin yang datang,” paparnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TAHAP KEDUA: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau gudang penyimpana­n vaksin di Dinkes Jatim kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TAHAP KEDUA: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau gudang penyimpana­n vaksin di Dinkes Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia