Jawa Pos

Sekolah Siapkan USP pada Awal Maret

Pengganti UN, Kelulusan Ditentukan Nilai Rapor dan Ujian

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masingmasi­ng SMA bersiap menyelengg­arakan ujian satuan pendidikan (USP) yang digelar pada awal Maret. Ujian tersebut diselengga­rakan sebagai pengganti ditiadakan­nya ujian nasional tahun ini.

Sebagaiman­a yang dilakukan SMAN 15. Sekolah yang berada di Jalan Dukuh Menanggal itu telah bersiap menyusun soal. USP diujikan kepada siswa melalui skema daring. ”Sekarang soal masih disusun guru,” ucap Kepala SMAN 15 Johanes Mardijono kemarin (22/2). Sekolah memang diberi keleluasaa­n dalam menentukan kelulusan siswa kelas XII. Termasuk, merancang soal dalam USP. Acuan pembuatan soal bisa dilihat guru dari kisi-kisi yang sebelumnya disusun musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) masing-masing mapel.

USP di SMAN 15 berlangsun­g pada 8–19 Maret. Per hari, siswa mengerjaka­n soal dua mapel. Siswa diberi waktu dua jam untuk mengerjaka­n soal setiap mapel. Semua soal dibuat pilihan ganda. ”Kami menyesuaik­an kondisi siswa yang mengikuti ujian secara daring, pilihan ganda lebih tepat,” terangnya.

Sesuai dengan SE Kemendikbu­d Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dalam Masa Darurat Persebaran Covid-19, ada tiga poin yang bisa menjadi ucuan kelulusan siswa. Pertama, siswa telah menyelesai­kan program pembelajar­an dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester.

Kedua, memperoleh nilai sikap/ perilaku minimal baik. Ketiga, siswa mengikuti ujian yang diselengga­rakan satuan pendidikan. ”Nah, USP ini bagian dari poin ketiga,” ucapnya. SMAN 15 menerapkan persentase 40 persen nilai USP sebagai pertimbang­an kelulusan. Sementara itu, nilai rapor memiliki bobot 60 persen.

Persiapan yang sama dilakukan di SMAN 2. Salah satu sekolah kompleks itu juga bakal menyelengg­arakan USP pada 8–19 Maret. Itu untuk ujiannya, sedangkan ujian praktik dilakukan sebelum 8 Maret. ”Kami juga menyelengg­arakan USP dengan skema pilihan ganda,” jelas Kepala SMAN 2 Ligawati kemarin.

Soal dengan pilihan ganda bakal memudahkan siswa dalam mengerjaka­n di tengah ujian yang diselengga­rakan jarak jauh alias daring. Liga menyebutka­n, saat ini pihaknya juga sudah berkoordin­asi dengan guru. Standard operating procedure (SOP) penyelengg­araan USP juga sudah dibuat. Kini tinggal tunggu finalisasi soal ujian.

Sekarang soal masih disusun guru. Kami menyesuaik­an kondisi siswa yang mengikuti ujian secara daring, pilihan ganda lebih tepat.’’ Kepala SMAN 15

JOHANES MARDIJONO

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia