Jawa Pos

Jumlah Peserta Naik Dibanding Tahun Lalu

Pendaftara­n SNMPTN Tinggal Dua Hari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pendaftara­n jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ditutup dua hari lagi. Berdasar data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kemarin (22/2) pukul 15.35, jumlah sementara siswa yang sudah melakukan finalisasi data mencapai 478.906 orang. Jumlah tersebut masih bisa terus bertambah hingga 24 Februari.

Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih menyatakan, sudah cukup banyak peserta yang mendaftar SNMPTN. LTMPT pun memprediks­i jumlah pendaftar tahun ini lebih banyak jika dibandingk­an dengan tahun lalu. ”Tahun lalu jumlah pendaftar SNMPTN sekitar 500 ribu orang. Tahun ini jumlah peserta diprediksi lebih banyak daripada tahun lalu,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Nasih memaparkan, kemarin pukul 15.35 jumlah siswa yang login dalam sehari sekitar 109 ribu orang. Jadi, total sementara siswa yang login mencapai 620.602 orang. Dalam sehari kemarin, ada 49 ribuan siswa yang melakukan finalisasi data. ”Biasanya, banyak siswa yang mendaftar di akhirakhir waktu pendaftara­n mau ditutup. Mereka masih mencari pilihan,” ujarnya. Dia menuturkan, tidak semua siswa

eligible mendaftar SNMPTN. Ada yang lebih memilih masuk ke sekolah kedinasan, perguruan tinggi di luar negeri, atau bahkan mundur karena

ranking-nya tidak mampu bersaing di prodi pilihannya. ”Itu selalu terjadi setiap tahun,” ungkapnya.

Menurut Nasih, selama pendaftara­n SNMPTN, tidak ada kendala teknis yang cukup berarti. Hanya, sempat ada masalah yang berkaitan dengan kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah yang belum diproses. LTMPT sudah memutuskan pendaftara­n KIP kuliah ditangani lewat Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik). ”Nanti Puslapdik yang mengirimka­nnya ke LTMPT,” jelasnya.

Nasih mengimbau seluruh siswa yang eligible untuk segera mendaftar SNMPTN. Namun, jika memang tidak berminat mendaftar SNMPTN, sebaiknya siswa mendaftar melalui jalur masuk lain. ”Kami harap kesempatan dua hari ini dimanfaatk­an sebaik-baiknya. Sebab, kami tidak akan memperpanj­ang karena waktunya sudah mepet,” tutur rektor Universita­s Airlangga (Unair) tersebut.

Sementara itu, di Unair jumlah pendaftar SNMPTN mencapai 15 ribu orang untuk pilihan I dan II.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia