Jawa Pos

Kian Diminati, Daop 8 Evaluasi Komuter Indro–Gubeng

-

SURABAYA, Jawa Pos – Angka penumpang KA komuter relasi Stasiun Gubeng ke Stasiun Indro, Gresik, cukup tinggi. Sejak 10 Februari hingga akhir pekan lalu, tercatat ada 1.744 penumpang. Dengan tarif Rp 5.000 sekali jalan, masyarakat memang merasakan manfaat pengoperas­ian KA tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyebutka­n, rata-rata jumlah penumpang yang naik mencapai 134 orang dalam 13 hari ke belakang. Stasiun Gubeng menjadi salah satu tempat pemberhent­ian karena dekat dengan tempat kerja. ”Jadi, mayoritas penumpang yang naik dari Stasiun Indro ke Gubeng ini adalah para pekerja,” ujarnya.

Setiap hari KA berangkat dari Gubeng menuju Indro pada pukul 11.00. KA dijadwalka­n berangkat dari Indro ke Gubeng pada pukul 13.44. Menurut Luqman, jadwal itu masih semacam percobaan. Daop 8 pun siap menambah jam layanan jika dibutuhkan. ”Sebab, banyak hal yang perlu dievaluasi dari berjalanny­a KA itu,” katanya.

Luqman mengakui, salah satu kekurangan KA komuter tersebut adalah jadwal keberangka­tan yang belum friendly dengan mobilitas pekerja.

Selain itu, pemesanan lewat KAI Access perlu disempurna­kan sehingga warga tidak berebutan masuk ke kereta. ”Juga mempermuda­h layanan daring,” jelasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SESUAIKAN JADWAL KEBERANGKA­TAN: KA komuter yang berangkat dari Stasiun Gubeng ke Stasiun Indro, Gresik, kemarin. Sejak beroperasi 10 Februari, kereta api melayani 1.744 penumpang.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SESUAIKAN JADWAL KEBERANGKA­TAN: KA komuter yang berangkat dari Stasiun Gubeng ke Stasiun Indro, Gresik, kemarin. Sejak beroperasi 10 Februari, kereta api melayani 1.744 penumpang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia