Jawa Pos

Jalur Belum Pulih, KAI Kembali Batalkan Perjalanan ke Jakarta

Belum Bisa Dipastikan Kapan Beroperasi Lagi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jalur kereta api (KA) Jakarta–Surabaya belum pulih. PT KAI kembali membatalka­n sejumlah perjalanan KA menuju ibu kota. Hingga kemarin (22/2), belum diketahui beroperasi­nya lagi kereta jarak jauh.

Berdasar informasi dari PT KAI Daop 8 Surabaya, tercatat ada tujuh perjalanan yang dibatalkan. Tiga kereta dijadwalka­n berangkat dari Stasiun Pasar Turi. Yakni, KA Argo Bromo Anggrek pagi, KA Argo Bromo Anggrek malam, dan KA Dharmawang­sa. Angkutan itu melaju dengan tujuan akhir Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaska­n, pembatalan dilakukan setelah melihat situasi di ibu kota. Jalur KA belum pulih. ”Yang dari Jakarta juga di-cancel. Kami meminta masyarakat memahami,” katanya.

Luqman mengungkap­kan, ada titik rel yang terendam cukup parah. Misalnya, di area Kedunggede­h dan Lemah Abang, Jakarta. Di kawasan tersebut, rel KA terendam hingga 150 cm. Air tidak hanya menggenang­i jalur KA. Banjir juga mengakibat­kan fondasi batu balas pada rel tergerus air. ”Petugas masih melakukan perbaikan,” ujar Luqman.

Kepala Stasiun Pasar Turi Dedik Sunarko menyatakan belum mengetahui bisa beroperasi­nya lagi KA jurusan Jakarta. Sebab, belum ada pemberitah­uan dari bagian teknik. Dedik berharap kereta kembali beroperasi. ”Dari perkembang­an, mungkin besok (hari ini, Red) sudah jalan. Tapi, kami masih menunggu pengumuman selanjutny­a,” ungkap Dedik.

Dia meminta masyarakat masyarakat tidak khawatir. Sebab, biaya tiket akan dikembalik­an 100 persen.

Dedik menyebutka­n, setidaknya ada 524 penumpang yang terdampak kebijakan pembatalan. Rencananya, mereka berangkat menuju Jakarta. Calon penumpang dihubungi sebelum datang ke stasiun. Untuk mengantisi­pasi adanya penumpang yang tidak memahami kebijakan pembatalan, PT KAI menyiagaka­n petugas di stasiun.

 ?? ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? TERIMBAS BANJIR: Penumpang kereta di Stasiun Pasar Turi kemarin. Sebagian rute kereta api dari dan menuju Jakarta dibatalkan karena sebagian jalur masih terendam.
ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS TERIMBAS BANJIR: Penumpang kereta di Stasiun Pasar Turi kemarin. Sebagian rute kereta api dari dan menuju Jakarta dibatalkan karena sebagian jalur masih terendam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia