Jawa Pos

80 SMK Swasta Jalin Kerja Sama dengan Industri

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kerja sama dunia pendidikan dengan dunia industri terus dijalin. Terbaru, 80 kepala SMK swasta se-Jawa Timur menandatan­gani kesepakata­n kerja sama link and supermatch bersama Maspion IT.

Acara yang digelar di SMK YPM 8 Sidoarjo merupakan pintu masuk kerja sama berkelanju­tan. Baik magang kerja, potensi praktik kerja, maupun pembinaan dari industri.

”Kami berharap program kerja sama ini bukan hanya untuk SMK se-Jatim, melainkan juga SMK se-Indonesia. Karena itu, program luar biasa ini harus disemangat­i bersama dan harus disukseska­n bersama demi kemajuan SMK di Indonesia,” ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Swasta Sidoarjo Kisyanto.

Menurut pria yang juga menjabat kepala SMK YPM 8 Sidoarjo itu, seluruh SMK harus hebat. Pendidikan vokasi, ujar Kisyanto, dapat menguatkan Indonesia.

Pimpinan Maspion IT Okky Tri Hutomo menegaskan bahwa bentuk kerja sama Maspion IT dengan SMK itu memiliki tiga poin utama. Yakni, Maspion IT bisa menjadi tempat pengembang­an dan pelatihan siswa SMK tanpa dipungut biaya, SMK dapat menjalanka­n program magang bagi guru dan siswa di Maspion IT, serta Maspion IT bisa digunakan untuk menggelar kegiatan kreativita­s siswa, pameran karya siswa, dan hasil teknologi para siswa tanpa dipungut biaya.

”Sinergi dan kerja sama ini bakal diteruskan kalau Maspion IT memberikan manfaatkan bagi SMK negeri maupun swasta. Kami akan lebih giat lagi mengembang­kan program ini,” katanya.

Itu, jelas dia, sebagai bukti bahwa industri bisa berdamping­an dengan SMK swasta, terutama dalam pengembang­an siswa. Di antaranya, di SMK YPM 8 Sidoarjo, papar dia, ada 80 SMK swasta yang melakukan MoU. ”Belum di Jember dan pada saat bersama gubernur Jatim pada 28 Oktober 2020 lalu,” ucap Okky.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia