Jawa Pos

Bertambah Dua, Kini Ada 29 RS

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Fasilitas kesehatan (faskes) di Sidoarjo terus bertambah. Bukan hanya pembanguna­n puskesmas yang digencarka­n. Kuantitas rumah sakit juga terus ditingkatk­an.

”Saat ini sudah ada 29 rumah sakit di Sidoarjo. Rumah sakit baru di Waru mulai memberi pelayanan hari ini (kemarin, Red),” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo Syaf Satriawarm­an.

Rumah sakit yang dimaksud Syaf adalah RS Mitra Keluarga Pondok Tjandra. Rumah sakit tipe C milik pihak swasta itu melengkapi faskes di Sidoarjo. Rumah sakit tersebut terletak di wilayah Waru. Tepatnya di daerah Tambaksumu­r.

Menurut Syaf, rumah sakit itu tidak hanya melayani warga Sidoarjo. Tetapi juga masyarakat sekitar. Termasuk warga Surabaya. Sebab, letak rumah sakit tersebut juga berdekatan dengan daerah Kota Pahlawan.

Syaf berharap, dengan makin banyaknya faskes di Sidoarjo, layanan kesehatan bagi warga juga meningkat. Mereka yang dulu rumahnya jauh dari akses rumah sakit kini menjadi lebih dekat. ”Saat ada keluhan sakit, bisa langsung pergi ke rumah sakit. Tidak perlu waktu lama dan tertangani dengan cepat,” tutur Syaf.

Hal yang sama disampaika­n pihak rumah sakit. Direktur Regional IV

Jatim Christina Dian Anggraeni juga berharap RS Mitra Keluarga Pondok Tjandra menjadi pilihan masyarakat untuk berobat. Dengan begitu, program pemerintah dalam peningkata­n pelayanan di bidang kesehatan dapat terwujud.

Letak rumah sakit yang strategis membuat pembukaan layanan kesehatan pada hari pertama kemarin cukup ramai. Lebih dari 10 warga mengakses layanan RS. Ada yang menjalani pemeriksaa­n di poli skrining hingga dirawat inap. Bahkan, ada warga yang mengakses pelayanan di instalasi gawat darurat (IGD). Termasuk di poli spesialis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia