Jawa Pos

Motivasi Seru dalam Pembelajar­an Daring

-

GRESIK, Jawa Pos – Pembelajar­an tatap muka (PTM) belum jelas kapan dimulai. Hampir setahun sejak pandemi Covid-19, para pelajar masih melaksanak­an pembelajar­an daring atau online. Nah, sebagai salah satu upaya untuk mengusir kejenuhan, kemarin (22/2) pelajar Gresik berkesempa­tan belajar daring bersama Aiman Witjaksono.

Mereka adalah para peserta kompetisi lomba membaca berita yang diinisiasi PWI Gresik bekerja sama dengan Pemkab dan DPRD Gresik. Siswa-siswi tingkat SMP dan SMA pun mendapat pengalaman dan pengetahua­n dari presenter profesiona­l salah satu televisi nasional tersebut. ’’Alhamdulil­lah, dapat pengalaman baru dan seru,’’ kata Naura Zalfa Adintama, mahasiswi ITS yang menjadi host.

Dalam kesempatan itu, Aiman berharap para pelajar Gresik terus mengembang­kan potensi dan bakat. Dua hal yang dibutuhkan adalah wadah untuk dapat menyalurka­nnya dan pelatihan-pelatihan. ’’Para pelajar harus saling berkolabor­asi untuk mengembang­kan bakat itu,’’ ujarnya.

Di era digital seperti sekarang, peluang untuk dapat mengembang­kan potensi itu sangat terbuka lebar. ’’Misalnya, adikadik bisa mengembang­kan TV komunitas berkolabor­asi dengan kampus, pemkab, atau pihak lain. Sepintas saya sudah melihat penampilan mbakmbak dan mas-mas. Semua luar biasa sudah seperti pembaca berita betulan di studio,’’ ungkap Aiman.

Meski demikian, Aiman berharap para pelajar tidak berpuas diri dengan apa yang sudah dimiliki. Mereka harus terus mengasah bakat dan kemampuan dengan aktif mengikuti pelatihan-pelatihan. ’’Soal nanti ke depan bagaimana, jalani saja. Yang terpenting dalam jurnalisti­k adalah niat baik,’’ jelasnya.

Dalam kompetisi membaca berita tingkat Kabupaten Gresik itu, terpilih lima finalis SMP. Yakni, Evlen Flowera (SMPN 9 Gresik), Belvalina Chelsea (SMPN 2 Gresik), Keyza Chameela (SMP Semen Gresik), Sharim Dezhneva (SMPN 1 Gresik), dan Zhulfiqar (SMP Muhammadiy­ah 12 Gresik). Adapun untuk tingkat SMA, ada Sadrina Pramesti (SMAN 1 Kebomas), Irsyad Maulana (SMAN 1 Kebomas), Faradisa (SMAN 1 Cerme), Jasmine Keysa (SMAN 1 Gresik), dan Sindi Anjeliza (SMANU 1 Gresik).

Menurut Abdul Malik, ketua panitia, animo terhadap kompetisi membaca berita sebagai bagian dari membudayak­an gerakan literasi tersebut terbilang luar biasa. Ada lebih dari 500 peserta. Penampilan mereka juga rata-rata sudah bagus. Dengan kompetisi itu, pihaknya ingin para pelajar tetap membaca berita sehingga peka akan potensi Gresik sekaligus mengembang­kan kompetensi.

’’Karena itu, kami menghadirk­an Mas Aiman untuk menambah pengetahua­n dan pengalaman. Selain itu, biar ada warna lain dalam pembelajar­an daring selama masa pandemi,’’ ungkapnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? ASAH BAKAT: Lima finalis kompetisi membaca berita tingkat SMP se-Kabupaten Gresik.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS ASAH BAKAT: Lima finalis kompetisi membaca berita tingkat SMP se-Kabupaten Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia