Jawa Pos

Selalu Ajak Pacar saat Curi Motor

-

SURABAYA, Jawa Pos − Usia BR masih belia. Namun, remaja 17 tahun itu sudah berurusan dengan polisi. Dia ditangkap karena mencuri motor. Setiap beraksi, dia mengajak pacarnya, IG, 16 tahun.

Jejak kejahatann­ya sebagai bandit pencurian kendaraan bermotor (curanmor) cukup panjang. BR diketahui sudah enam kali beraksi. ”Dia selalu mengajak pacarnya saat beraksi,” kata Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Oki Ahadian kemarin (22/2).

Oki memaparkan, keduanya beraksi sejak 2019. Jejak mereka terendus setelah aksi terakhirny­a di Jalan Sidoyoso pada awal bulan terekam CCTV. ”Dapat Honda Beat,” jelasnya. Motor jenis matik itu dicuri dari teras rumah warga. ”Modusnya memakai kunci T,” sambung alumnus Akpol 2003 itu.

Oki mengungkap­kan, rekaman kamera yang didapat saat melakukan penyelidik­an mengungkap sosok pelaku. Identitas pencuri yang beraksi akhirnya terdeteksi. ”Di dalam video terlihat pelakunya dua orang,” ujarnya.

Jajarannya tidak butuh waktu lama untuk menemukan bandit yang beraksi. Sebab, nopol motor yang menjadi sarana terekam. BR yang memiliki kendaraan itu kemudian ditangkap.

BR pun buka suara soal teman aksinya. Dia adalah pacarnya sendiri. ”Mereka tinggal bersama di tempat kos,” tutur polisi dengan dua melati di pundak tersebut.

Kanit Jatanras Polrestabe­s Surabaya Iptu Agung Kurnia Putra menjelaska­n, keduanya sudah putus sekolah. BR dan IG menjalin hubungan sekitar dua tahun lalu. ”Mereka merasa cocok satu sama lain karena beranggapa­n punya kesamaan,” ungkapnya.

Keduanya, kata dia, berasal dari keluarga broken home. Keseharian­nya tidak dipantau orang tua. ”Mereka hidup semaunya sendiri hingga akhirnya bertemu,” katanya.

Agung menuturkan, ide pencurian itu berasal dari BR. Dia sengaja mengajak pacarnya saat mencari sasaran agar tidak mengundang kecurigaan. ”IG dijadikan pengawas situasi,” terangnya. Motor curian yang didapat dijual ke Madura. Hasil penjualan dibuat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka.

 ?? DIMAS MAULANA/ JAWA POS ?? BELIA:
IG dan BR, pasangan kekasih, dibekuk karena bersama-sama mencuri motor. Hasil penjualan motor curian dibuat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka.
DIMAS MAULANA/ JAWA POS BELIA: IG dan BR, pasangan kekasih, dibekuk karena bersama-sama mencuri motor. Hasil penjualan motor curian dibuat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia