Jawa Pos

Ajak Peduli Sampah Plastik lewat WARP

-

SURABAYA, Jawa Pos − Tanggal 21 Februari diperingat­i sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Untuk memperinga­tinya, Universita­s Ciputra Library menggelar iTalk bersama pegiat lingkungan Verena Lindra. Perempuan yang sebenarnya mempunyai basic musik itu sudah bergerak untuk mulai peduli dengan lingkungan akan sampah plastik hingga mengolahny­a menjadi barang baru. Dalam iTalk yang digelar kemarin siang (22/2) lewat Instagram uc_library itu, Verena mengungkap­kan bahwa fokusnya dalam mengembang­kan riset tentang sampah itu tidak untuk penjualan dan profit. ”Tapi lebih mengajak orang ngobrol,” ujarnya. Ngobrol yang dimaksud di sini adalah ngobrol tentang lingkungan dan sampah.

Namun, Verena sadar betul bahwa seseorang tidak akan langsung relate dengan obrolan jika mereka tidak tertarik. Dari situlah, dia memakai media barangbara­ng olahannya yang dibuatnya dari limbah sampah. Ada yang jadi gelas, jam dinding, tatakan gelas, suvenir, dan masih banyak lagi.

”Biasanya orang akan tertarik saat melihat barang yang agak unik. Terus bakal tanya bahannya dari apa,” ucapnya. Saat dirinya menjelaska­n bahwa bahanbahan yang dipakainya berasal dari sampah plastik, banyak orang yang akhirnya menjadi semakin penasaran bagaimana menjadikan sampah plastik menjadi barang baru yang benar-benar berbeda wujud.

Verena juga menjelaska­n, misinya untuk mengajak banyak orang lebih aware terhadap akibat sampah plastik lewat waste recycling project (WARP) itu sebenarnya didasari hal egois. Yakni, hanya ingin memberikan kehidupan yang baik untuk anaknya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? DAUR ULANG: Verena Lindra dalam diskusi iTalk yang dihelat Universita­s Ciputra Library kemarin.
MARIYAMA DINA/JAWA POS DAUR ULANG: Verena Lindra dalam diskusi iTalk yang dihelat Universita­s Ciputra Library kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia