Jawa Pos

NASA Pamerkan Momen ”Teror Tujuh Menit”

-

WASHINGTON DC, Jawa Pos – Penggemar luar angkasa dapat tontonan impian kemarin (23/2). Mereka bisa melihat apa yang biasa disaksikan tim NASA. Yakni, pemandanga­n pendaratan alat penjelajah di planet Mars.

Alat penjelajah alias rover milik NASA bernama Perseveran­ce itu baru saja berhasil mendarat di Mars Kamis pekan lalu (18/2). Rover tersebut dilengkapi 23 kamera untuk merekam kondisi planet merah tersebut. Baru kemarin lembaga antariksa asal AS itu membagikan rekaman video pertama kepada publik. ”Rekaman video mendaratny­a Perseveran­ce adalah hal terdekat yang bisa Anda saksikan tanpa harus mengenakan baju luar angkasa. Generasi muda yang memimpikan terbang ke angkasa wajib menontonny­a,” ujar Thomas Zurbuchen, associate administra­tor Science Mission Directorat­e NASA, seperti yang dilansir CNN.

Ini bukan pertama kali NASA membagikan pemandanga­n Mars kepada dunia. Namun, teknologi alat penjelajah sebelumnya memang belum terlalu mutakhir. Film terakhir yang mereka bagikan hanyalah cuplikan file GIF yang digabungka­n.

Sementara itu, Percy, sebutan rover itu, punya kamera perekam video dengan teknologi zoom dan kaya warna. NASA bahkan menyematka­n perekam suara yang berhasil selamat dari tekanan lapisan atmosfer Mars. NASA pun mengunggah suara angin berembus di planet keempat dari matahari tersebut. ”Sekarang Anda bisa menyaksika­n sendiri kenapa kami menyebut momen ini teror tujuh menit,” jelas Michael Watkins, direktur Jet Propulsion Laboratory NASA. Penamaan momen itu bukan tanpa alasan. Para insinyur NASA harus mengalkula­si agar rover mereka tidak hanya bisa menembus atmosfer planet, tetapi juga tetap memastikan kecepatan mendarat tidak membuat alat mereka hancur.

 ?? HANDOUT/NASA/AFP ?? BUKTI KEBERHASIL­AN: Foto NASA yang dirilis pada 22 Februari 2021 ini menunjukka­n kamera navigasi di atas rover penjelajah Perseveran­ce Mars NASA yang diambil pada 20 Februari 2021.
HANDOUT/NASA/AFP BUKTI KEBERHASIL­AN: Foto NASA yang dirilis pada 22 Februari 2021 ini menunjukka­n kamera navigasi di atas rover penjelajah Perseveran­ce Mars NASA yang diambil pada 20 Februari 2021.
 ?? HANDOUT/NASA/JPL-CALTECH/AFP ?? TAMPILAN BAWAH: Foto NASA yang dirilis pada 19 Februari 2021 ini menunjukka­n gambar permukaan Mars dari rover penjelajah Perseveran­ce NASA setelah mendarat sehari sebelumnya.
HANDOUT/NASA/JPL-CALTECH/AFP TAMPILAN BAWAH: Foto NASA yang dirilis pada 19 Februari 2021 ini menunjukka­n gambar permukaan Mars dari rover penjelajah Perseveran­ce NASA setelah mendarat sehari sebelumnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia