Jawa Pos

Daft Punk Bubar di Tahun Ke-28

-

NEW YORK, Jawa Pos – Duo EDM asal Prancis Daft Punk memutuskan berpisah pada Senin malam (22/2). Kabar mengejutka­n itu diungkap lewat video Epilogue. Dalam klip berdurasi 8 menit tersebut, Thomas Bangalter –yang mengenakan helm perak– ’’meledakkan’’ diri, meninggalk­an Guy-Manuel de Homem-Christo yang terus berjalan sendiri di tengah gurun.

Jelang akhir video, muncul simbol tangan perak dan emas yang membentuk segi tiga di atas tulisan 1993–2021. Sementara itu, bagian penutup video yang menampakka­n matahari sore diiringi lagu Touch dari album Random Access Memories –album terakhir mereka yang dirilis pada 2013.

Publisis Daft Punk Kathryn Frazier mengonfirm­asi, duo yang berbasis di Paris itu pecah kongsi. ’’Video itu mewakili pernyataan mereka yang telah berkolabor­asi selama nyaris tiga dekade,’’ ungkapnya, sebagaiman­a dikutip Billboard. Tak ada keterangan terkait alasan putusnya duet Homem-Christo dan Bangalter di Daft Punk.

Selama 28 tahun berkarya bersama, Daft Punk hanya memiliki empat album. Meski demikian, duo produser musik yang melejit di era 90-an itu berpengaru­h besar. Daft Punk merupakan pionir di genre dance dan elektronik. Mereka memiliki lagu-lagu bernuansa ceria dan penuh semangat, meski tampil dalam kostum robot yang terkesan kaku dan dingin.

Konsep visual Daft Punk pun ikonik. Klip video mereka sering memadukan animasi –terutama dalam gaya anime lawas– dan gambar surealis. Saat tampil, panggung mereka selalu dihiasi piramida raksasa berpendar. Duo asal Paris tersebut juga sempat mengisi soundtrack untuk Tron: Legacy. Selain itu, mereka tercatat merilis dua film. Yakni, Daft Punk’s Electroma (2006) dan animasi sci-fi Interstell­a 5555: The 5tory of the 5ecret 5tar 5ystem (2003).

Karir Daft Punk pun bertabur prestasi. Mereka tercatat memiliki 6 piala Grammy, 2 piala Billboard, dan 1 piala MTV Europe. Meski vakum selama tujuh tahun terakhir, tahun lalu Daft Punk merilis versi baru album soundtrack Tron: Legacy yang terdiri atas 31 lagu. Mereka juga kali terakhir berkolabor­asi dengan The Weeknd di lagu Starboy dan I Feel It Coming –dua lagu dari album Starboy yang dirilis pada 2016.

 ?? JASON MERRITT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP ??
JASON MERRITT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia