Jawa Pos

Sediakan Fasilitas Cuci Tangan dan P3K

-

JURU Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengaku telah berusaha responsif untuk mencegah potensi penularan Covid-19 di lokasi bencana. Satgas meminta pemerintah daerah proaktif melakukan disinfeksi di lokasi pengungsia­n.

Selain itu, satgas Covid-19 meminta pihak-pihak terkait dari pemerintah pusat dan daerah agar menyiapkan fasilitas dan sarana-prasarana untuk penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat evakuasi dan pengungsia­n.

’’Perlu dilakukan disinfeksi rutin di lokasi pengungsia­n dan memastikan ketersedia­an sarana kebersihan seperti air bersih, peralatan cuci tangan, sabun, dan menyiapkan sarana-prasarana serta protokol dengan menyiapkan cadangan APD dan termometer sebagai bagian dari peralatan P3K,” jelas Wiku.

Wiku menilai partisipas­i aktif pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk menangani dampak bencana. ’’Misal, rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 terdampak banjir segera mempertimb­angkan untuk memindahka­n ke rumah sakit rujukan lain yang terdekat,” kata Wiku.

 ?? BNPB FOR JAWA POS ?? FASILITAS UTAMA: Di lokasi pengungsia­n perlu sarana kebersihan seperti air bersih, peralatan cuci tangan, dan sabun.
BNPB FOR JAWA POS FASILITAS UTAMA: Di lokasi pengungsia­n perlu sarana kebersihan seperti air bersih, peralatan cuci tangan, dan sabun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia