Jawa Pos

Karatsev Loncat 72 Peringkat

-

MELBOURNE, Jawa Pos – Rampungnya grand slam pembuka tahun ini, Australia Terbuka, pada akhir pekan lalu menyisakan cerita. Ranking dunia para petenis yang meraih hasil apik di Melbourne melonjak drastis. Bahkan, ada yang loncat 72 peringkat. Dia adalah Aslan Karatsev.

Karatsev memang membuat kejutan besar di Melbourne Park tahun ini. Dia datang sebagai petenis kualifikas­i. Namun, petenis 27 tahun itu bisa menembus semifinal.

Yang makin bikin takjub, penampilan Karatsev di Australia Terbuka tahun ini adalah debutnya tampil di babak utama ajang mayor. Sebelumnya, petenis Rusia tersebut selalu kalah di babak kualifikas­i.

Kini, dengan menembus babak empat besar grand slam, Karatsev berhak menduduki peringkat ke-42 dunia. Sebelumnya, dia datang ke Australia dengan hanya menempati peringkat ke-114 dunia. ’’Aku selalu berusaha percaya dengan apa yang aku lakukan di lapangan. Ternyata, itu bisa membantuku banyak hal dalam memenangi pertanding­an,’’ ucapnya, seperti dilansir The Guardian.

Di sisi lain, Novak Djokovic yang menjadi kampiun ajang itu semakin kuat menduduki ranking pertama dunia. Petenis Serbia tersebut bahkan segera menahbiska­n diri sebagai petenis dengan durasi terlama di ranking pertama dunia dengan total 311 pekan. Dia bakal melewati raihan Roger Federer yang total punya 310 pekan di ranking pertama dunia.

Peringkat Naomi Osaka yang jadi juara sektor tunggal putri juga terkerek. Kini, dia kembali menduduki ranking kedua dunia. Sebelumnya, dia berada di peringkat ketiga.

Sementara itu, petenis Rumania Simona Halep yang sebelumnya berada di peringkat kedua turun di urutan ketiga. Lolos sampai semifinal juga membuat Serena Williams kembali di jajaran top ten. Petenis 39 tahun itu kini menduduki peringkat ketujuh dunia setelah sebelumnya berada di ranking kesebelas.

 ?? PAUL CROCK/AFP PHOTO ?? PRESTASI MELESAT: Aslan Karatsev ketika menghadapi Novak Djokovic pada semifinal Australia Terbuka (18/2).
PAUL CROCK/AFP PHOTO PRESTASI MELESAT: Aslan Karatsev ketika menghadapi Novak Djokovic pada semifinal Australia Terbuka (18/2).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia