Jawa Pos

49 Warga Barata Jaya Jalani Swab Test

Setelah Lima Orang Terpapar Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puskesmas Pucang Sewu menggelar tes usap bagi warga RT 1, RW 4, Kelurahan Barata Jaya, kemarin (23/2). Lokasinya berada di Lapangan Astoditoto. Tercatat 49 orang mengikuti swab test tersebut. Hal itu dilakukan setelah ada warga yang terpapar Covid-19.

Prosesnya pun cukup singkat.

Tidak sampai 10 menit, warga sudah bisa pulang. Mereka cukup membawa KTP untuk mengikuti tes tersebut. ’’Kami catat ada lima orang yang terpapar. Namun, kondisinya sekarang sudah membaik,’’ ujar Lurah Barata Jaya Oka Barly A.B.

Oka menyebutka­n, penduduk yang terpapar virus SARS-CoV-2 tersebut tertangani dengan baik. Tes usap dilakukan untuk memastikan kondisi warga yang pernah menjalin kontak erat. ’’Sudah kami lakukan tracing. Akhirnya hari ini (kemarin) dilakukan tes. Hasilnya baru keluar maksimal tiga hari lagi. Kami berharap tidak ada penularan lagi setelah ini,’’ katanya.

Oka menyatakan, kasus yang terjadi di wilayahnya paling banyak berasal dari tempat kerja. Kemudian menular ke anggota keluarga. Dia berharap warga bisa menjaga diri lebih baik sehingga klaster serupa tidak terjadi lagi. ’’Karena itu, penerapan PPKM mikro diperketat. Khususnya pengawas keluar masuk kampung. Kami lakukan bersama perangkat warga,’’ tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 1, RW 4, Doni Danardono menambahka­n, warga di wilayahnya kooperatif dalam mengikuti swab test kemarin. Mereka datang sendiri secarasada­r.Sebelumnya,pengurus hanya menyampaik­an woro-woro. ’’Kami sudah melakukan sosialisas­i dan pendekatan ke warga. Bahwa tes ini tujuannya baik dan gratis,’’ ujarnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? CEGAH PERSEBARAN: Petugas Puskesmas Pucang Sewu melakukan swab test kepada salah seorang warga RT 1, RW 4, Kelurahan Barata Jaya, kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS CEGAH PERSEBARAN: Petugas Puskesmas Pucang Sewu melakukan swab test kepada salah seorang warga RT 1, RW 4, Kelurahan Barata Jaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia