Jawa Pos

Upayakan Tambah Lajur Sepeda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rencananya, lajur sepeda ditambah tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mengakomod­asi kebutuhan pencinta sepeda. Penambahan akan difokuskan di area yang belum terkoneksi dengan lajur sepeda. Salah satunya di sekitar Jalan Mayjen Sungkono.

Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudraja­t menyatakan, penambahan lajur sepeda diupayakan bisa terealisas­i tahun ini. Hanya, semua bergantung dari ketersedia­an anggaran. ”Tahun ini diupayakan,” katanya. Dia menjelaska­n, pihaknya belum melakukan kajian terkait dengan panjang jalur sepeda yang bakal dibuat. Fokusnya adalah kawasan yang belum memiliki jalur sepeda. Dengan begitu, area itu nanti bisa terkoneksi dengan baik. Misalnya, di kawasan Mayjen Sungkono dan sekitar Jalan Adityawarm­an. Di samping itu, lajur sepeda di wilayah timur akan ditambah. Jadi, fokusnya memang wilayah barat dan timur.

Saat ini lajur sepeda di Surabaya tersebar di 15 titik lokasi. Total panjang sekitar 15 kilometer. Sebagian besar lajur sepeda berada di kawasan Surabaya Pusat. Mulai Jalan Darmo hingga Jalan Panglima Sudirman.

Dishub berencana menambah sekitar 29 kilometer jalur sepeda. Namun, rencana tersebut tentu harus menyesuaik­an anggaran yang ada. Termasuk kajian yang dilakukan pada tahun ini.

 ?? DOK JAWA POS ?? Irvan Wahyudraja­t
DOK JAWA POS Irvan Wahyudraja­t

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia