Jawa Pos

Sedimen 3 Meter, Kali Dikeruk

Normalisas­i Ditarget Tuntas Dua Minggu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kali Surabaya sedang dinormalis­asi. Tepatnya di Gunungsari menuju pintu air Rolak. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi tingginya sedimen. Termasuk mengantisi­pasi luapan debit air. Terutama pada musim hujan seperti sekarang.

Dua ekskavator diterjunka­n oleh dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP). Alat berat tersebut didatangka­n sejak Kamis (18/2). Pengerjaan normalisas­i sungai difokuskan di sisi timur. ’’Sementara penggalian berada di sisi timur dulu,’’ kata Koordinato­r Rayon Jambangan DPUBMP Surabaya Bagus Putra Ardianto kemarin (23/2).

Menurut dia, pengerukan sedimen hanya dilakukan di area timur. Nanti ekskavator berjalan ke arah utara. Tepatnya sampai mendekati pintu air Rolak. Sebab, di sisi tersebut sedimennya cukup tinggi. Bahkan, beberapa waktu lalu bisa terlihat dari atas.

Artinya, area tersebut cukup dangkal. Menurut Bagus, ketinggian sedimen mencapai 2 sampai 3 meter sehingga harus dilakukan pengerukan. ’’Jika tidak, akan berimbas pada daya tampung air. Termasuk rawan terjadi luberan jika volume air tinggi,’’ paparnya.

Pengerjaan normalisas­i berlangsun­g selama dua minggu. Dengan begitu, pada awal Maret, aktivitas tersebut sudah selesai. ’’Tingginya sedimen disebabkan beberapa faktor. Mulai kiriman lumpur dari wilayah lain hingga lokasinya dekat dengan pintu air. Lumpur tertahan di sekitar pintu air Rolak,’’ kata Bagus.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan mengatakan, total ada empat ekskavator yang diturunkan. Baik dari pemkot maupun PJT I . Langkah itu bertujuan menjaga kesiapan Sungai Surabaya menerima debit air dari Marmoyo. Dengan begitu, sungai bisa menampung volume air yang banyak. ’’Pengerukan ini dilakukan bersama dengan pemkot,’’ terangnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KURANGI SEDIMENTAS­I: Alat berat dikerahkan untuk menormalis­asi Kali Surabaya.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KURANGI SEDIMENTAS­I: Alat berat dikerahkan untuk menormalis­asi Kali Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia