Jawa Pos

Kepala BPOM Tinjau Penyimpana­n dan Pelaksanaa­n Vaksinasi

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito kemarin (23/2) mengunjung­i kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo. Dia meninjau penyimpana­n vaksin sekaligus pelaksanaa­n vaksinasi di Kota Delta sebelum vaksinasi tahap kedua yang rencananya mulai dilakukan hari ini.

Penny tiba di kantor Dinkes Sidoarjo sekitar pukul 13.15. Dia langsung menuju ruang penyimpana­n vaksin. Di ruangan tersebut Penny bersama Sekretaris Daerah Sidoarjo Achmad Zaini dan Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarm­an melihat secara langsung tempat dan cara penyimpana­n serta kondisi vaksin yang bakal disuntikka­n kepada warga yang masuk dalam kuota tahap kedua. Penny juga memperoleh penjelasan terkait dengan perolehan vaksin. Termasuk pendistrib­usian di berbagai fasilitas kesehatan. Juga persentase penyuntika­n kepada sasaran. Setelah dari dinkes, Penny menuju Puskesmas Sidoarjo untuk mengetahui lebih dalam vaksinasi yang telah dijalankan.

Menurut Penny, BPOM melakukan pemantauan dan mengawasi vaksinasi mulai dari premarket hingga postmarket. Termasuk sumber daya manusia (SDM) dan prasarana di setiap penyimpana­n. Terutama boks penyimpana­n vaksinasi. Temperatur harus benar-benar dijaga. Untuk vaksin dari Sinovac ini, temperatur yang diperlukan adalah 2 hingga 8 derajat Celsius. ”Jangan sampai beku atau (temperatur) lebih dari 8 derajat Celsius,” katanya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PANTAU LANGSUNG: Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito (kanan) meninjau penyimpana­n dan distribusi vaksin didampingi Kepala Dinas Kesehatan Syaf Satriawarm­an (kiri) dan Sekda Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini (dua dari kiri) di kantor Dinas Kesehatan Sidoarjo kemarin (23/2).
ANGGER BONDAN/JAWA POS PANTAU LANGSUNG: Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito (kanan) meninjau penyimpana­n dan distribusi vaksin didampingi Kepala Dinas Kesehatan Syaf Satriawarm­an (kiri) dan Sekda Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini (dua dari kiri) di kantor Dinas Kesehatan Sidoarjo kemarin (23/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia