Jawa Pos

Anak Mantan Bupati Bawa Kabur Mobil Ibu Tiri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Yoyok Wasito Hadi Siswoyo didakwa mencuri dua mobil ibu tirinya, Diana Safitri Kumalasari. Diana mengatakan, Yoyok bersama tiga temannya datang ke rumahnya di Kencana Sari Barat, Dukuh Pakis, pada Jumat, 18 September 2020.

Yoyok merusak kunci pagar rumah tersebut dan masuk tanpa permisi. Dia mengusir seorang pembantu dan sepupu Diana yang mendiami rumah tersebut setelah meminta kunci mobil.

”Saya tidak di rumah Surabaya. Ada tugas dinas di Bondowoso. Saya ditelepon sepupu saya sama Bu Yeni (pembantu, Red),” ujar Diana saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (23/2).

Sepupu dan pembantu dipulangka­n Yoyok. Setelah itu, dia menguasai rumah tersebut. Dua hari kemudian setelah Yoyok tidak ada di rumah itu, Diana bersama pengacaran­ya masuk ke rumah. PNS itu melihat mobil dinas Toyota Camry dan mobil pribadinya Honda CR-V sudah tidak ada lagi. ”Kamar saya dibongkar. Ada linggis di situ. Perhiasan, surat-surat hilang,” katanya.

Diana melapor ke Polrestabe­s Surabaya. Berdasar penyelidik­an, dua mobil itu dibawa Yoyok. Honda CR-V ditemukan di Cilacap. Toyota Camry digadaikan kepada lurah di Situbondo.

Yoyok yang juga berprofesi PNS lalu ditangkap polisi.

Diana mengaku tidak tahu alasan Yoyok masuk ke rumahnya dan membawa kabur dua mobilnya. Dia tidak pernah mengakui Yoyok sebagai anak tirinya. Yoyok adalah anak asuh almarhum suaminya, Samsul Hadi Siswoyo, yang merupakan mantan bupati Jember dengan istri pertamanya. ”Yoyok anak asuh, bukan anak kandung atau anak angkat,” katanya.

Menurut Diana, Samsul tidak dikaruniai anak dari pernikahan­nya dengan istri pertamanya selama 31 tahun menikah. Samsul lalu mengasuh Yoyok sebagai anak. Mantan bupati itu lalu menikahi Diana dan menjadikan­nya sebagai istri kedua. ”Yoyok anak dari saudara jauh istri pertama. Tidak ada hubungan darah,” ucapnya.

Dia juga mengakui bahwa sebelumnya tidak pernah ada urusan apa pun dengan Yoyok. Diana merasa tidak pernah bertemu dan mengenal Yoyok. ”Saya tidak pernah ada utang piutang dengan Yoyok,” ungkapnya.

Sementara itu, Yoyok dalam persidanga­n mengatakan bahwa dirinya anak tiri Diana. Meskipun, tidak pernah diakui oleh ibu tirinya. Dia merupakan anak almarhum Samsul dengan istri pertamanya.

Yoyok mempersila­kan apabila Diana tidak mengakui. Namun, dia tercatat secara hukum sebagai anak almarhum Samsul yang juga suami Diana.

Pengacara Yoyok, Randy Piangga, menyatakan, rumah yang ditempati Diana itu merupakan rumah almarhum Samsul. Bukan rumah Diana. Niat Yoyok datang ke situ sebenarnya bukan untuk mencari masalah. Melainkan untuk bertemu dengan Diana membahas masalah pembagian warisan.

Namun, Diana tidak ada di rumah dan sulit ditemui. Dua mobil itu hanya diambil agar bisa bertemu dengan ibu tirinya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ??
DIMAS MAULANA/JAWA POS
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? SALING BANTAH: Diana Safitri Kumalasari membeberka­n kasus hilangnya perhiasan, mobil Camry, dan Honda CR-V yang diduga diambil Yoyok (foto atas).
DIMAS MAULANA/JAWA POS SALING BANTAH: Diana Safitri Kumalasari membeberka­n kasus hilangnya perhiasan, mobil Camry, dan Honda CR-V yang diduga diambil Yoyok (foto atas).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia