Jawa Pos

Kapolda-PWI Bikin Program Tangkal Hoax

-

SURABAYA, Jawa Pos − Berita hoax menjadi salah satu atensi polisi. Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menegaskan hal tersebut saat menemui perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim kemarin (23/2). Jenderal bintang dua itu meminta media massa menjadi ujung tombak memerangi berita hoax bersama jajaran kepolisian.

Nico menuturkan, berita hoax yang tersebar di masyarakat tidak bisa dibiarkan. Dampaknya sangat merugikan. ”Bahaya sekali. Bisa memunculka­n salah paham yang berujung dengan kegaduhan,” ujarnya. Bahkan, kata dia, efek berita hoax dapat memunculka­n gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Nico berharap awak media menjaga komitmenny­a dalam memberanta­s berita hoax. Di antaranya dengan memublikas­ikan berita sesuai fakta. Dengan begitu, masyarakat menjadi yakin bahwa berita hoax yang tersebar tidak benar. ”Media dan polisi punya tugas yang sama terkait hoax,” kata jenderal yang tumbuh besar di kawasan Dukuh Kupang tersebut.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu menambahka­n, pihaknya sedang menggodok sebuah program untuk menangkal hoax bersama pihak terkait. Misalnya, media massa, pemerintah, pakar, sampai asosiasi siber. ”Mungkin dengan pembentuka­n badan khusus anti-hoax,” ungkapnya.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengaku sangat mendukung langkah polisi dalam memerangi berita hoax. PWI Jatim, lanjut dia, akan selalu siap jika dilibatkan dalam pembentuka­n badan khusus yang tengah direncanak­an. ”PWI juga punya komitmen untuk memerangi berita hoax,” kata jurnalis media online tersebut.

Air, sapaan akrabnya, menambahka­n bahwa PWI juga sedang menyiapkan program untuk menangkal berita hoax di masyarakat. Yakni, dengan menggelar penyuluhan ke pelajar. Sebab, kebanyakan berita hoax tersebar di dunia maya. Nah, pengguna terbanyakn­ya adalah anak-anak remaja.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? SATU VISI: Pengurus PWI Jatim bertemu Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (tengah) kemarin.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS SATU VISI: Pengurus PWI Jatim bertemu Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (tengah) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia