Jawa Pos

Mulai Maret, Vaksinasi Mandiri Gunakan Vaksin Sinopharm

92 Persen Korban Jiwa Covid-19 di Jatim Komorbid Diabetes

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pelaksanaa­n vaksinasi mandiri terus dipersiapk­an. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ada 6.644 perusahaan swasta yang berminat terhadap vaksinasi mandiri atau gotong royong

’’Kadin sudah bilang ada 6.644 perusahaan yang daftar di Kadin yang kurang lebih kebutuhan vaksinnya 7,5 juta,’’ ujarnya kemarin.

Perusahaan swasta itu membelinya dari pemerintah atau BUMN dan diberikan gratis kepada para pegawai.

Menko Kemaritima­n dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahka­n, vaksinasi mandiri dimulai Maret. Pelaksanaa­nnya akan menggunaka­n vaksin Sinopharm dari Tiongkok.

Vaksin Sinopharm untuk vaksinasi mandiri akan masuk secara bertahap. Pada Maret, rencananya ada 2 juta dosis vaksin dari Sinopharm yang masuk ke Indonesia. ’’Jadi, 2 juta ini Maret akan masuk, kita coba 3 juta, itu harapan kita. Nanti semua pegawai bisa langsung divaksin. Kemudian, pada April, Mei, Juni, Juli, itu semua total 15 juta sampai 20 juta vaksin kita dapat,’’ tutur Luhut.

Selain Sinopharm, pasokan vaksin mandiri mungkin datang dari Novavax dan Johnson & Johnson.

Sementara itu, kemarin (25/2) vaksinasi massal untuk wartawan dihelat di Gelora Bung Karno, Jakarta. Vaksinasi diberikan kepada 5.512 jurnalis media cetak, elektronik, maupun daring.

Ketua Dewan Pers Indonesia Muhammad Nuh mengapresi­asi terselengg­aranya vaksinasi Covid-19 bagi jurnalis. ’’Kami akan terus bergerak ke daerah-daerah. Mereka harus kita pastikan mendapatka­n vaksin,’’ ucapnya.

Sementara itu, vaksinasi dengan model drive-thru sedang dikembangk­an di Bali untuk wisatawan. Lokasi vaksinasi drive-thru berada di lahan kosong seluas 1 hektare di kawasan Waterbom Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, konsep vaksinasi dengan cara drive-thru merupakan usul CEO Waterbom Bali Sayan Gulino.

’’Jadi, nanti para wisatawan bisa datang ke Bali dan diarahkan untuk melakukan vaksinasi atau yang disebut vaccine based tourism (wisata berbasis vaksin),’’ kata Sandi.

BOS untuk Sekolah Tatap Muka

Pemerintah mengalokas­ikan dana Rp 52,5 triliun untuk bantuan operasiona­l sekolah (BOS) 2021. Tahun ini nilai satuan biaya operasiona­l bagi tiap siswa akan berbeda-beda.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaska­n, nilai satuan biaya BOS kini bervariasi. Tak lagi dipukul rata untuk setiap anak. Tapi, dihitung berdasar indeks kemahalan konstruksi (IKK) dan indeks peserta didik (IPD) tiap wilayah kabupaten/kota.

Sementara itu, Jawa Timur (Jatim) menyumbang angka kematian akibat Covid-19 yang terbesar secara nasional. Berdasar data BNPB, tingkat kematian di Jatim mencapai 6 hingga 7 persen. Padahal, mortality rate di Indonesia hanya berkisar 2 persen.

Kepala BNPB Doni Monardo menyatakan, lebih dari 25 persen angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia berasal dari Jatim. Pasien Covid-19 dengan penyakit penyerta (komorbid) menyumbang angka kematian yang cukup tinggi.

Berdasar data yang diberikan Pemprov Jatim, 92 persen pasien Covid-19 yang meninggal adalah orang yang memiliki komorbid kencing manis (diabetesi). Karena itu, Doni meminta Pemprov Jatim mengedukas­i masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula. ”Pemprov Jatim juga harus melakukan upaya-upaya untuk melindungi warga yang menderita diabetes agar tidak terpapar Covid-19,” katanya dalam zoom meeting dengan sejumlah pemimpin redaksi kemarin (25/2).

Doni menilai usul untuk menyelengg­arakan sekolah tatap muka pada saat ini masih berisiko besar. Alasannya, guru dan perangkat sekolah lain sampai saat ini masih belum divaksin. Vaksin untuk guru akan dilakukan setelah vaksinasi pada lansia. Selain itu, tutur Doni, penurunan kasus belum merata di seluruh provinsi.

Doni mencontohk­an, kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan telah terkendali. Demikian pula halnya di Kalimantan Barat, Bengkulu, dan Bangka Belitung. Sedangkan kasus di Kalimantan Timur terus meningkat sehingga menduduki peringkat kelima nasional setelah Jatim, Jateng, dan DKI Jakarta.

Padahal, pada bulan-bulan awal pandemi, Kalimantan Selatan menyumbang 500 kasus positif dari klaster tablig akbar di Gowa. ”Dari seribu peserta tablig akbar, 50 persen positif dan 68 orang meninggal. Namun saat ini terus menurun setelah dilakukan intervensi,” katanya.

Terkait dengan kekhawatir­an mutasi virus, Doni memastikan bahwa pemerintah telah mengantisi­pasi dengan melarang warga negara asing berkunjung ke Indonesia. Sedangkan WNI yang kembali dari luar negeri diwajibkan melakukan karantina selama 15 hari. ”Sejak kita memperketa­t pemeriksaa­n, 4.000 WNI yang kembali dari luar negeri ditemukan positif Covid-19. Selama 1,5 bulan terakhir, 100 orang yang positif selama masa karantina,” jelasnya.(mia/dee/

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? MASSAL: Presiden Jokowi didampingi Ketua Dewan Pers M. Nuh meninjau pelaksanaa­n vaksinasi untuk jurnalis di GBK kemarin.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS MASSAL: Presiden Jokowi didampingi Ketua Dewan Pers M. Nuh meninjau pelaksanaa­n vaksinasi untuk jurnalis di GBK kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia