Jawa Pos

Salah Informasi tentang Kecelakaan Pesawat

-

KABAR tentang sebuah pesawat jatuh mendadak tersebar di media sosial beberapa hari terakhir. Informasi tersebut beredar dalam bentuk kolase foto pesawat yang jatuh di atas tanah dan disaksikan banyak orang. Katanya, pesawat itu membawa 20 misionaris dan semua penumpang selamat dari kecelakaan tersebut.

”Pesawat jatuh dengan lebih dari 20 misionaris di dalamnya, akan memberitak­an injil dan tidak ada yang meninggal,” begitu keterangan yang ditulis akun Facebook Niko April Bu’ulolo TV pada 23 Februari 2021 (bit. do/20Penumpan­gSelamat).

Salah satu foto dalam kolase itu memperliha­tkan badan pesawat terbelah menjadi tiga bagian. Sementara itu, foto lainnya menunjukka­n bagian-bagian pesawat yang rusak dari jarak yang lebih dekat. Sayang, tidak ada keterangan tentang tempat dan waktu terjadinya peristiwa nahas itu.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, rekaman peristiwa jatuhnya pesawat tersebut pernah diunggah dalam bentuk video oleh kanal YouTube Aviation Documentar­y pada 23 Mei 2018. Judulnya berbunyi Private jet from Texas splits in half on takeoff in Honduras. Sama sekali tidak ada keterangan bahwa penumpangn­ya adalah 20 misionaris.

Kanal Aviation Documentar­y menyebutka­n, pesawat private jet Gulfstream 200 Galaxy (N813WM) itu jatuh saat hendak mendarat di Bandara Tegucigalp­a, Honduras (TGU). Tampak anggota tim SAR sedang berusaha menyelamat­kan korban kecelakaan. Anda dapat melihat adegan tim SAR menuntun salah satu penumpang di bit.do/PrivateJet.

Portal CNN mengabarka­n peristiwa yang sama pada 23 Mei 2018. Disebutkan bahwa ada enam orang dalam pesawat tersebut. Perinciann­ya, 4 penumpang dan 2 awak. Presiden Honduras Juan Orlando mengatakan, tidak ada korban tewas dalam kecelakaan tersebut. Namun, seorang penumpang dan seorang awak mengalami luka parah.

Juru bicara perusahaan Jeff Christense­n mengatakan, keempat penumpang adalah karyawan perusahaan pegadaian yang berbasis di Austin, Texas. ”Itu adalah perjalanan bisnis rutin yang ternyata tidak begitu rutin,” katanya. Anda dapat membacanya di bit.do/EmpatKarya­wan.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia