Jawa Pos

MALAM HEROIK FALSE BACK

-

BUDAPEST, Jawa Pos – Pep Guardiola adalah pelatih yang bisa mengubah Philipp Lahm dari bek kanan paten di Bayern Muenchen dan timnas Jerman menjadi seorang gelandang. Peran Lahm sering disebut dengan false back atau bek palsu. Jejak

Lahm itu kini diikuti Joshua Kimmich.

Nah, ketika menangani Manchester

City, Pep seperti berharap bisa menemukan false back layaknya Lahm. Dulu, pelatih berjuluk Sang Filsuf itu pernah berharap kepada bek kanan Kyle Walker. Tetapi, yang bisa menjalanka­n peran tersebut justru Joao Cancelo.

Fullback versatile City itu melakukann­ya di Puskas Arena, Budapest, kemarin (25/2). Cancelo mengkreasi peluang gol-gol City dalam kemenangan dua gol tanpa balas atas Borussia Moenchengl­adbach di first leg 16 besar Liga Champions 2020—2021.

Gol Bernardo Silva pada menit ke-29 berawal dari umpan lambung Cancelo. Dari long ball Cancelo ke Bernardo pula yang mengawali assist untuk gol kedua City oleh striker Gabriel Jesus (65’). ’’Dia (Cancelo, Red) melakukann­ya (peran false back, Red) sebagus Philipp Lahm di Bayern,’’ ucap pandit BT Sport Owen Hargreaves yang pernah setim dengan Lahm di Bayern.

’’Cancelo seorang fullback. Namun, dia lebih sering menguasai bola di lini tengah selayaknya pivot. Bahkan, dia juga bisa menjadi playmaker,’’ sahut pandit BT Sport lainnya, Rio Ferdinand.

Berbicara kepada DAZN, Pep mengakui butuh waktu untuk melihat Cancelo bisa

PEMECAH KEBUNTUAN: Ferland Mendy berselebra­si setelah mencetak gol kemenangan Real Madrid atas Atalanta BC dalam first leg 16 besar Liga Champions di Gewiss Stadium kemarin (25/2). memainkan peran sebagai bakan setelah gol kedua City, malam heroik fullback lainnya. false back. Musim lalu atau di Cancelo naik sebagai pivot Dia adalah bek kiri Ferland awal bergabung dengan City, bersama Rodri Hernandez. Mendy yang menciptaka­n Cancelo yang pernah membela Cancelo menggantik­an posisi gol kemenangan 1-0 Real Valencia CF, Juventus, Ilkay Guendogan yang lebih Madrid atas Atalanta BC di dan Inter Milan memang sedikit advance. Gewiss Stadium (86’). Itulah terlambat beradaptas­i Sepanjang musim ini, Cancelo gol pertama Mendy di Liga dengan taktik yang diusung pernah memulai laga Champions.

Pep. ’’Saya pada akhirnya sebagai false back. Yaitu, ketika Kepada Diario AS, entrenador percaya dengan kemampuan menghadapi Manchester Real Zinedine Zidane mengklaim dia (Cancelo, Red) karena dia United dalam semifinal Piala gol Mendy merupakan adalah pemain pandai dan Liga di Old Trafford (7/1). buah dari sesi latihan di bisa memberi kami sesuatu Pep yang juga memainkan Valdebebas (markas latihan yang spesial dalam gaya permainan Riyad Mahrez dan Kevin De Real). ’’Kami sering merencanak­an kami,’’ puji Pep. ’’Dia Bruyne sebagai duet striker serangan seperti itu memiliki kualitas dan fisik dalam skema 3-5-2 itu akhirnya meski Mendy bukan pemain yang sama-sama luar biasa,’’ memetik buah manis dari yang seharusnya mengsambun­g Sang Filsuf. eksperimen­nya. City menang eksekusiny­a. Pada

Dalam laga kemarin, Cancelo 2-0 dan lolos ke final untuk akhirnya, dia berani mengawali laga sebagai menantang Tottenham Hotspur mengambil peluang bek kiri. Tetapi, seiring Gladbach di Wembley Stadium (26/4). tersebut. Jadi, itu bukan terus ditekan, bahkan First leg 16 besar Liga Champions gol keberuntun­gan,’’ baru bisa melakukan tem- kemarin juga menjadi beber Zidane.

 ?? ATTILA KISBENEDEK/AFP ?? MONCER:
Joao Cancelo berkontrib­usi penting dalam kemenangan 2-0 Manchester City atas Borussia Moenchengl­adbach di Puskas Arena.
ATTILA KISBENEDEK/AFP MONCER: Joao Cancelo berkontrib­usi penting dalam kemenangan 2-0 Manchester City atas Borussia Moenchengl­adbach di Puskas Arena.
 ?? TIZIANA FABI/AFP ??
TIZIANA FABI/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia