Jawa Pos

Siapkan Pendamping Khusus Program Prakerja

Disnaker Yakin Animo Warga Bakal Tinggi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya melalui dinas tenaga kerja (disnaker) mengambil peran aktif dalam program kartu prakerja gelombang ke-12. Meski program itu sepenuhnya kebijakan pemerintah pusat, disnaker akan memberikan pendamping­an khusus untuk warga Surabaya.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Surabaya Achmad Zaini menjelaska­n, program kartu prakerja merupakan salah satu stimulan bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19. Warga yang bisa mendaftar tidak hanya mereka yang terdampak langsung. Namun, program tersebut juga bisa diakses oleh beragam kalangan. Selain korban PHK, banyak karyawan swasta, mahasiswa, penggiat UMKM, maupun fresh graduate yang mengakses program tersebut. ’’Memang dibolehkan untuk meningkatk­an skill,’’ papar Zaini kemarin (25/2).

Pria yang juga menjabat kepala Bagian Pemerintah­an dan Otonomi Daerah Kota Surabaya itu menjelaska­n, disnaker ikut berperan dalam memberikan pendamping­an kepada pendaftar. ’’Kita siapkan petugas khusus pendamping­an. Begitu ada pendaftar yang dating, kita layani,’’ kata Zaini.

Program kartu prakerja gelombang ke-12 bisa diakses di laman www. prakerja.go.id sejak Selasa (23/2). Kuota pendaftara­n yang dibuka pada gelombang ini mencapai 600.000 orang.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Surabaya Yuni Cahyawati menambahka­n, animo warga untuk mengakses program kartu prakerja memang terbilang cukup tinggi. Pada gelombang pertama hingga kesembilan, ada 80.580 warga Surabaya yang mengikuti program tersebut. ’’Saya yakin pada periode ini juga banyak yang akan daftar,’’ ujar Yuni.

Dia menjelaska­n, disnaker hadir memberikan pendamping­an kepada warga yang kesulitan untuk mengakses program tersebut. Pada awal program prakerja April 2020, juga ada pendamping­an bagi warga yang membutuhka­n. Pendamping­an saat itu berlanjut hingga Oktober.

Yuni menjelaska­n, para pelamar harus lebih dulu membuat akun sebelum mendaftar program kartu prakerja 2021. Pelamar yang sudah memiliki akun tetapi belum lolos seleksi sebelumnya bisa menggunaka­n akun lama. Namun, yang bersangkut­an harus memperbaru­i data bila ada data yang perlu diupdate. ’’Biasanya kalau data tidak akurat, pendaftara­n tidak akan direspons,’’ imbuh Yuni.

Sistem program kartu prakerja semester pertama 2021 masih sama dengan sebelumnya. Yaitu, semacam semi bantuan sosial. Mereka yang lolos seleksi akan diberi dana pelatihan Rp 1 juta. Kemudian, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu setiap bulan. Insentif tersebut diberikan selama empat bulan. Artinya, pendaftar akan diberi total insentif Rp 2,4 juta pasca pelatihan. Bukan itu saja. Ada juga insentif survei Rp 50 ribu untuk tiga kali survei. Jadi, total insentif survei Rp 150 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia