Jawa Pos

Rekalkulas­i Anggaran Proyek Fisik Tiga RS

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pembanguna­n tiga rumah sakit yang dirancang pemkot belum berjalan. Saat ini pemkot masih melakukan telaah proyek infrastruk­tur dengan total anggaran Rp 553 miliar itu. Salah satu yang menjadi topik bahasan ialah realokasi anggaran.

Tiga fasilitas kesehatan itu adalah rumah sakit Gunung Anyar dengan anggaran Rp 150 miliar, RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Rp 120 miliar, serta pengerjaan RSUD dr M. Soewandhie dengan proyeksi pendanaan Rp 283 miliar. Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menjelaska­n, pembanguna­n fisik tiga rumah sakit itu belum dimulai. Pasalnya, tim anggaran pemerintah daerah masih mengutak-atik alokasi anggaran. ’’Kami menunggu petunjuk,’’ jelasnya kemarin.

Evaluasi anggaran itu disebabkan pandemi Covid-19. Pemerintah meminta seluruh daerah fokus meredam Covid-19. Nah, untuk membendung virus asal Tiongkok tersebut, dibutuhkan anggaran yang tidak kecil. Dana penanganan Covid-19, antara lain, dicukupi dari APBD pemkot. Jumlahnya bisa jadi terus bertambah seiring dengan kebutuhan. Anggaran pembanguna­n fisik yang tidak terlalu mendesak dialihkan pada penanganan virus korona. Tidak tertutup kemungkina­n juga dana untuk pembanguna­n tiga faskes tersebut.

Iman mengatakan, saat ini tim anggaran meminta DPRKP CKTR untuk menghitung kembali atau rekalkulas­i kebutuhan anggaran pembanguna­n tiga rumah sakit tersebut. ’’Perhitunga­n sedang kami kerjakan,’’ jelasnya.

Jika anggaran tiga rumah sakit itu bisa ditekan, sisa dana bisa dialihkan pada penanganan Covid-19. Sebab, saat ini keselamata­n warga merupakan program yang paling prioritas.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony menuturkan, dewan mendukung pembanguna­n tiga rumah sakit tersebut. Sebab, kapasitas rumah sakit milik Surabaya kini penuh. ’’Butuh tambahan rumah sakit,’’ jelasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? ASET PEMKOT: Pembanguna­n gedung RSUD dr M. Soewandhie bakal dilanjutka­n tahun ini. Pemkot masih mengalkula­si kebutuhan anggaran.
FRIZAL/JAWA POS ASET PEMKOT: Pembanguna­n gedung RSUD dr M. Soewandhie bakal dilanjutka­n tahun ini. Pemkot masih mengalkula­si kebutuhan anggaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia