Jawa Pos

Penambahan Kamera Tunggu Anggaran 2021

CCTV Dishub Fokus Lalu Lintas, Diskominfo untuk Safe City

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya dan kepolisian terus mengoptima­lkan CCTV electronic traffic law enforcemen­t (ETLE). Sejak 2017, sistem tersebut diterapkan di kota metropolis. Salah satunya di kawasan Mayjen Sungkono, Dukuh Pakis.

Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Irvan Wahjudraja­d menuturkan, pihaknya sangat mengandalk­an CCTV tersebut. Sistem kerja ETLE atau yang lebih dikenal dengan e-tilang mampu merekam secara otomatis pelanggara­n pengendara. Hasilnya juga cukup bagus. ’’Sangat membantu kerja kepolisian atau dinas,’’ ujarnya kepada Jawa Pos.

Alumnus Magister Manajemen Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu menyatakan, ada beberapa pelanggara­n yang bisa direkam. Di antaranya, pengendara berhenti melebihi stop line, melanggar traffic light, hingga melanggar markah jalan.

Hingga saat ini, lanjut Irvan, ada 32 kamera simpang dan 6 speed camera yang terpasang di ruas jalan. Jumlah tersebut tersebar di beberapa titik. Selain di Mayjen Sungkono, CCTV terdapat di Jalan Darmo dekat Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Apakah tahun ini ada rencana menambah kamera? Irvan mengatakan, pihaknya akan melihat keuangan pemkot. Apabila keuangan pemkot memungkink­an, dishub telah memiliki rencana untuk mengalokas­ikannya di beberapa titik lagi. ’’CCTV dishub fokus lalu lintas, CCTV diskominfo fokus untuk safe city. Keduanya saling terintegra­si juga kok,’’ terangnya.

Terpisah, Kanitlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra menyampaik­an, ada beberapa tujuan diterapkan­nya ETLE. Pertama, mewujudkan ketertiban umum sebagai cermin budaya berlalu lintas. Kedua, menertibka­n dan membina pengendara di Surabaya yang melanggar ketertiban umum. Ketiga, mengubah perilaku pengendara yang tidak baik. ’’Dengan begitu, membantu mewujudkan cermin budaya bangsa berlalu lintas yang positif,’’ tuturnya.

Teddy berharap masyarakat lebih patuh berlalu lintas. Pemantauan dan pengawasan sudah dilakukan melalui CCTV. Menurut dia, keselamata­n berlalu lintas tidak hanya berdampak baik bagi diri sendiri, tapi juga orang lain.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MULTIFUNGS­I: Kamera CCTV yang dipasang Pemkot Surabaya di Jalan Mayjen Sungkono. Rencana penambahan­nya masih menunggu kajian dan anggaran.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MULTIFUNGS­I: Kamera CCTV yang dipasang Pemkot Surabaya di Jalan Mayjen Sungkono. Rencana penambahan­nya masih menunggu kajian dan anggaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia