Jawa Pos

Petugas Dispendukc­apil Ditempatka­n di Kecamatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Layanan administra­si kependuduk­an dan pencatatan sipil (admindukca­pil) kini semakin dekat ke warga. Mulai kemarin, petugas dari Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya sementara waktu disiagakan di tiap kecamatan. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus di mal Surabaya.

Kasi Pemerintah­an Kecamatan Tambaksari Etty Kuswinar menyatakan, selama ini layanan admindukca­pil sudah menggunaka­n sistem online. Salah satunya melalui Klampid. Namun, ada warga yang membutuhka­n layanan tatap muka langsung. ’’Misalnya, orang-orang yang sudah sepuh atau belum memiliki perangkat yang mendukung untuk sistem online akan dibantu dilayani di sini,’’ ujar Etty.

Dia menambahka­n, koordinasi menjadi lebih mudah. Sebab, petugas dispendukc­apil sudah ada di kecamatan. Jika ada kendala terkait dengan layanan yang membutuhka­n akses ke dispendukc­apil, petugas tambahan itu akan membantu.

Hal yang sama terdapat di Kecamatan Gunung Anyar. Petugas dari dispendukc­apil sudah bertugas kemarin. Camat Gunung Anyar Maria Agustin Yuristina menyebutka­n, petugas dari dispendukc­apil akan menjalanka­n fungsi layanan administra­si dan kependuduk­an. ’’Tetapi, kami tetap kedepankan layanan online. Cukup pakai handphone sudah bisa mengakses keseluruha­n layanan sebenarnya. Kecuali warga yang terbatas kemampuan TI-nya,’’ ujarnya.

Karena itu, pihaknya juga bakal menyosiali­sasikan ke perangkat masyarakat dan warga agar tidak melakukan layanan tatap muka. ’’Kami lakukan sosialisas­i ke kampung-kampung padat penduduk. Masa pandemi ini memang lebih aman jika memanfaatk­an layanan online,’’ paparnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sobhaji mengatakan, layanan tersebut diperlukan untuk mendekatka­n ke masyarakat. Mereka tidak harus wira-wiri ke Siola. Dia menjelaska­n, pendekatan layanan seperti itu bukanlah yang pertama. Bahkan, sejak 2014 layanan adminduk sudah diwadahi di kecamatan dan kelurahan. ’’Dengan cara ini, layanan bisa saling melengkapi. Kinerja layanan bisa makin optimal,’’ tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TIDAK PERLU KE SIOLA: Sandi (kanan), petugas dispendukc­apil, melayani warga di kantor Kecamatan Tambaksari kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TIDAK PERLU KE SIOLA: Sandi (kanan), petugas dispendukc­apil, melayani warga di kantor Kecamatan Tambaksari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia