Jawa Pos

Gandeng DKRTH, PLN Aktifkan Gerebek Penyulang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hujan lebat dan angin kencang berpotensi menumbangk­an pepohonan di jalanan. Mengantisi­pasi adanya gangguan kelistrika­n, PLN Unit Induk Distribusi (UIT) Jawa Timur mengaktifk­an program Gerebek Penyulang. Yakni, gerakan melakukan pengamanan jaringan listrik dari ancaman pohon tumbang.

Program dilaksanak­an 16 unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) di Jatim. Termasuk, Kantor PLN UP3 Surabaya Utara. Ada 94 personel yang disiagakan untuk mengantisi­pasi cuaca ekstrem.

Manager Jaringan PLN UP 3 Surabaya

Utara Parlan menjelaska­n, ada petugas yang aktif bergerak untuk mencari pohon besar di jalur protokol. Pohonpohon itu ditebas agar tak menimbulka­n masalah. Pemotongan dilakukan sesuai dengan prosedur keamanan dan keselamata­n pengendara.

”Selain personel, kami menyiagaka­n sejumlah armada dan peralatan. Perinciann­ya, 1 unit truk crane,1 skylift, 6 truk peralatan, dan 6 pick-up,” kata Parlan. Dia berharap, masyarakat ikut mendukung program tersebut. Salah satunya, melaporkan adanya pohon bermasalah.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Fenny Nurhayati menyebutka­n, setidaknya ada 316 pegawai dan petugas pelayanan teknik yang melakukan pengamanan right of way (ROW) minimal 3 meter pada jaringan distribusi 20 kV yang tersebar di seluruh Jatim. Mereka dibagi dalam 83 regu.

”Ini langkah preventif menghadapi anomali cuaca,” kata Feny. Menurut dia, adanya pohon tumbang tidak saja membuat pusing masyarakat. Terkadang, petugas juga kesulitan melakukan penanganan karena proses evakuasi sulit. ”Kami berupaya menjaga pasokan listrik,” tambah Feny.

Menurut dia, petugas PLN tidak sendirian bergerak. Mereka bekerja sama dengan pekerja dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH). Selain menebang pohon yang rawan tumbang, petugas memangkas dahan tanaman yang lebat dan mengganggu jaringan listrik.

Feny memastikan, PLN siaga sepenuhnya pada cuaca ekstrem. Selain menebang pohon, ada pemelihara­an konstruksi dan gardu beton serta pemelihara­an preventif pemasangan seng antipanjat binatang.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AGAR TAK MEMBAHAYAK­AN: Petugas PLN dan DKRTH memangkas pohon yang dianggap terlalu rindang di sekitar kabel listrik kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AGAR TAK MEMBAHAYAK­AN: Petugas PLN dan DKRTH memangkas pohon yang dianggap terlalu rindang di sekitar kabel listrik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia