Jawa Pos

Ajari Siswa Bertanam Hidroganik di Rumah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sukses bertanam dengan metode hidroganik di rooftop sekolah membuat SMPN 4 Surabaya merancang rencana. Guru di sekolah yang meraih juara I Hidroponik Terbaik Tingkat SMP Surabaya Eco School (SES) 2020 itu akan mengajarka­n sekaligus menularkan ilmu mengenai hidroganik kepada para siswa. Dengan begitu, siswa bisa mempraktik­kan kegiatan tersebut bersama orang tua di rumah masing-masing.

Masroro Suhartini, pembina lingkungan SMPN 4 Surabaya, mengatakan bahwa bertanam dengan metode hidroganik terbilang mudah. Asal telaten dalam ngopeni tanaman. Apalagi, metode hidroganik tidak membutuhka­n tanah dan lahan yang luas. Sesuai untuk warga perkotaan. Pengajar mapel IPA itu mencontohk­an cara hidroganik padi.

’’Benih padi disortir dulu dengan cara direndam. Lantas, benih yang mengapung dibuang. Lalu, disemai selama kurang lebih seminggu sampai bertunas. Baru kemudian dipindahka­n ke lahan. Setiap hari mesti dicek apakah aliran airnya lancar. Selain itu, dilihat ada tidaknya gulma,’’ papar

Masroro kepada Jawa Pos kemarin (25/2).

Media tanamnya hanya menggunaka­n botol yang diisi air, sekam, dan pupuk organik. Lantas, diberi nutrisi secara berkala. ’’Kami segera mengonsep bagaimana mengajari anak-anak mengenai tata cara hidroganik,’’ katanya. Tujuannya, masing-masing bisa berpraktik di rumah dan nanti bisa panen bareng-bareng. Masroro menambahka­n, materi hidroganik bisa disampaika­n guru IPA kelas VII–IX di sela-sela materi daring. Siswa dan orang tua juga bisa sekaligus menjajal budi daya ikan seperti lele dalam satu instalasi hidroganik. ’’Bisa pakai bibit ikan dan tanaman apa pun. Tidak harus lele dan padi. Sangat sederhana sebetulnya karena bisa pakai pompa akuarium dan ikannya diletakkan di bak,’’ terangnya.

Nanti sisa pakan dan suplemen ikan yang tidak terserap serta feses dari ekskresi ikan dialirkan menjadi nutrisi alami bagi tanaman. Dia mengungkap­kan, cara bertanam hidroganik memang mirip dengan hidroponik. Hanya, hidroganik murni menggunaka­n pupuk organik. Bukan pupuk kimia atau buatan.

’’Ketahanan pangan itu nanti bisa terwujud kalau banyak yang merespons positif dan mau melakukan,’’ tandasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? DI ROOFTOP SEKOLAH: Guru SMPN 4 panen padi dan lele dengan sistem hidroganik.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS DI ROOFTOP SEKOLAH: Guru SMPN 4 panen padi dan lele dengan sistem hidroganik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia