Jawa Pos

Sowan ke Guru SMAN 4 Jelang Pelantikan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Hari ini (26/2) bupati terpilih Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Menjelang pelantikan, sosok yang akan memimpin Kota Delta selama periode 2021–2026 tersebut memohon restu kepada guru SMAN 4 Sidoarjo kemarin (25/2).

Alumnus SMAN 4 Sidoarjo angkatan 2009 itu bernostalg­ia, sowan, sekaligus minta didoakan. Gus Muhdlor datang bersama sang istri yang sesama alumnus. Keduanya disambut meriah. Mereka lantas sungkem kepada satu per satu guru.

Kepala SMAN 4 Sidoarjo Imam Jawahir sangat bangga. Apalagi, dia terkesima dengan 17 janji politik Gus Muhdlor. Terutama terkait dengan program pendidikan. ”Seperti program beasiswa untuk 10 ribu mahasiswa,” kata Imam.

Selain itu, Gus Muhdlor mengusung program mengembang­kan UMKM dan membuka peluang usaha. SMAN 4, jelas Imam, kebetulan sudah melatih anak-anak untuk dua track. ”Artinya, pelajaran SMA tetap utuh. Lalu, ditambah pelajaran vokasi. Intinya, anak-anak punya usaha,” ujarnya.

Imam sangat berharap, sebagai alumnus, Muhdlor membantu program-program pembelajar­an di SMAN 4 Sidoarjo. Muhdlor menanggapi­nya dengan santai. ”Tidak perlu diminta. Sudah pasti kami programkan,” tuturnya.

Namun, yang paling ditekankan Muhdlor kemarin adalah doa dan restu dari bapak dan ibu guru agar dirinya bisa menjalanka­n amanah memimpin Kabupaten Sidoarjo selama lima tahun mendatang. Bagi dia, kesuksesan yang diraih saat ini tidak terlepas dari doa orang tua dan guru. ”Pengalaman di pilkada kemarin, berapa pun uang dan jaringan yang dimiliki, masih kalah oleh kekuatan doa,” ungkapnya.

Sebagai kenang-kenangan, Gus Muhdlor menyerahka­n 1 unit komputer untuk SMAN 4 Sidoarjo. Setelah penyambuta­n secara seremonial, Gus Muhdlor dan rombongan mengunjung­i ruang kepala sekolah, ruang seni karawitan, dan dilanjutka­n pemotongan tumpeng sambil bernostalg­ia tentang masa-masa sekolah dulu. ”Masih ingat semuanya, masih sangat hafal,” tegas Muhdlor.

Wali kelas Muhdlor semasa sekolah dulu, Ni Nyoman Sri Widanti, menceritak­an bahwa Muhdlor termasuk anak didik yang sangat care dan sering membantu temannya. Pelajaran pun gampang nyantol. ”Dulu, saat ada wisata ke Bali, diam-diam Muhdlor nanya siapa temannya yang butuh bantuan, tapi tidak boleh tahu bahwa Muhdlor yang membantu,” ceritanya. Begitu banyak kenangan Sri dengan Muhdlor. ”Saya bangga,” tandas Sri Widanti.

 ?? FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? BERBAKTI: Bupati terpilih Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mencium tangan guru SMAN 4 Sidoarjo, Kushariati, saat berkunjung ke sekolah tersebut kemarin.
FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS BERBAKTI: Bupati terpilih Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mencium tangan guru SMAN 4 Sidoarjo, Kushariati, saat berkunjung ke sekolah tersebut kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia