Jawa Pos

Siapkan Satuan untuk Hadapi Gangguan di Lapas

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Petugas lembaga pemasyarak­atan (lapas) harus siaga menghadapi segala kondisi di dalam penjara. Termasuk gangguan internal di dalam hunian. Untuk mengatasin­ya, kemarin (25/2) satuan operasiona­l kepatuhan internal pemasyarak­atan dikukuhkan di Lapas Kelas I Surabaya, Porong.

Tidak sekadar dikukuhkan, para anggota juga menunjukka­n kepiawaian dalam mengatasi gangguan di dalam penjara. Misalnya, kerusuhan di blok hunian para tahanan dan narapidana (napi). Mereka menghalau aksi para warga binaan dengan kemampuan bela diri yang dimiliki. Atraksi tersebut dilakukan dengan melibatkan para anggota satuan. Mereka berbagi peran dalam aksi teatrikal. Ada yang berperan sebagai warga binaan. Sebagian beraksi sebagai tim satuan.

Meski hanya menampilka­n aksi teatrikal, mereka menunjukka­n kemampuan optimal. Adlina Ratri, salah seorang petugas, menghayati peran dengan maksimal. Perempuan 23 tahun itu pun tidak segan melompat dan melakukan pemukulan.

Tidak hanya mengukuhka­n tim satuan pengamanan, pihak lapas juga menunjukka­n kepedulian kepada sesama lewat kegiatan donor darah. Bahkan, mereka yang pernah terpapar Covid-19 bersedia mengikuti skrining untuk mendonorka­n plasma konvalesen.

Kalapas Kelas I Surabaya Gun Gun Gunawan menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi warga yang membutuhka­n darah. Termasuk untuk Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicanangka­n pemerintah. ”Donor darah ini kami galakan atas nama kemanusiaa­n. Demi sesama,” tuturnya.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sidoarjo dr Septi Laily Rif ’ati menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada petugas lapas yang bersedia mendonorka­n plasma. Sebelum menjalani donor, mereka harus diskrining.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TUNTUT TEGAS: Adlina Ratri (dua dari kiri) dan Intan Wahyu (dua dari kanan), anggota satuan operasiona­l kepatuhan internal pemasyarak­atan, menampilka­n atraksi teatrikal silat di halaman depan Lapas Kelas I Surabaya, Porong, Sidoarjo, kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS TUNTUT TEGAS: Adlina Ratri (dua dari kiri) dan Intan Wahyu (dua dari kanan), anggota satuan operasiona­l kepatuhan internal pemasyarak­atan, menampilka­n atraksi teatrikal silat di halaman depan Lapas Kelas I Surabaya, Porong, Sidoarjo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia