Jawa Pos

Gibran Fokus Vaksinasi, Baru Big Data

-

MENGENAKAN baju batik ’’Indonesia Raya’’ yang dulu menjadi ikonnya selama berkampany­e, Gibran Rakabuming Raka blusukan ke beberapa pasar di Solo. Berbincang dengan sejumlah pedagang.

’’Pedagang mau semua tho untuk vaksin?’’ tanya putra Presiden Joko Widodo tersebut kepada sejumlah pedagang di Pasar Gede.

Blusukan itu dilakukan setelah Gibran bersama Teguh Prakosa resmi dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Solo. Pelantikan dilakukan secara virtual bareng 16 bupati dan wali kota se-Jawa Tengah dengan dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo

Dalam pidato pertamanya setelah dilantik, pengganti F.X. Hadi Rudyatmo itu mengaku berfokus pada peningkata­n kesehatan, pemulihan ekonomi, serta penerapan konsep good government.

Dengan tujuan tersebut, dia merasa harus bergerak cepat dan tidak ada waktu untuk menunda-nunda pekerjaan. Kemarin, selain Pasar Gede, dia juga mengunjung­i Pasar Klewer dan Pasar Legi.

’’Sabtu dan Minggu bukan hari libur untuk saya dan Pak Teguh. Kita langsung gerak, kita langsung kerja, tak perlu menunggu sampai Senin,’’ katanya dalam pidato yang sama seperti dilansir Jawa Pos Radar Solo.

Untuk bidang kesehatan, misalnya, Gibran berupaya meningkatk­an kesehatan masyarakat dengan berbagai program peningkata­n layanan dan fasilitas yang nanti makin mudah dirasakan masyarakat. Salah satunya percepatan vaksinasi Covid-19 yang saat ini berlangsun­g hingga tahap kedua.

’’Pokoknya kita ngebut. Vaksinasi Pasar Gede dan Pasar Klewer harus selesai cepat. Sabtu besok (hari ini) pedagang Pasar Gede dan Pasar Klewer akan divaksin. Semoga lancar,’’ tutur Gibran.

Gibran juga menyebut akan memaksimal­kan peran big data. Selain itu, mengoptima­lkan penggunaan teknologi seperti e-budgeting, e-katalog, dan e-monev sehingga pengelolaa­n APBD bisa semakin efektif dan efisien.

’’Big data sangat krusial dalam (program) smart city,’’ katanya.

Pada hari yang sama kemarin di Medan, adik ipar Gibran, Muhammad Bobby Afif Nasution, yang berpasanga­n dengan H Aulia Rachman juga resmi dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Medan periode 2021–2024. Mereka diambil sumpah berbarenga­n dengan lima bupati dan wali kota lain di Sumatera Utara.

Seperti Gibran, Bobby juga akan mempercepa­t program vaksinasi dan reformasi birokrasi sebagaiman­a yang disampaika­n dalam visi dan misinya saat kampanye.

Bobby menjelaska­n, program vaksinasi akan dilakukan dengan merangkul semua pihak, termasuk masyarakat. Dia menargetka­n herd immunity alias kekebalan massal di Kota Medan berada di atas 70 persen. Dengan demikian, perekonomi­an dan kegiatan UMKM dapat berjalan beriringan.

’’Vaksinasi akan kita lakukan dengan cara memasifkan sosialisas­i dan bagaimana cara agar masyarakat mendapat vaksin,’’ kata dia.

 ?? ARIEF BUDIMAN/JAWA POS RADAR SOLO ?? LANGSUNG BLUSUKAN: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima payung dari warga saat mengunjung­i Pasar Gede seusai pelantikan di Solo, Jawa Tengah, kemarin (26/2).
ARIEF BUDIMAN/JAWA POS RADAR SOLO LANGSUNG BLUSUKAN: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima payung dari warga saat mengunjung­i Pasar Gede seusai pelantikan di Solo, Jawa Tengah, kemarin (26/2).
 ?? HUMAS PEMPROV SUMUT ?? MENANTU JOKOWI: Bobby Nasution dilantik sebagai wali kota Medan kemarin.
HUMAS PEMPROV SUMUT MENANTU JOKOWI: Bobby Nasution dilantik sebagai wali kota Medan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia