Jawa Pos

Hoax yang Sangat Aneh tentang AHY

-

PRODUSEN hoax ikut ambil bagian dalam ribut-ribut di internal Partai Demokrat akhir-akhir ini. Mereka membagikan gabungan video yang diberi keterangan bahwa Annisa Pohan menggerebe­k suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan wanita lain. Sepertinya unggahan itu disebar untuk menyerang ketua umum Partai Demokrat tersebut.

Namun, kalau memperhati­kan video yang diunggah kanal YouTube Skema Politik itu, logika informasi di dalamnya sangat kacau. Di awal video tampak seorang wanita menghadang mobil di tengah jalan. Suara dalam video itu menyebutka­n bahwa pria di dalam mobil yang dihadang adalah anggota legislatif (wakil rakyat). Jelas ngawur kalau diberi keterangan Annisa Pohan menggerebe­k AHY yang sedang bersama wanita lain. Anda bisa melihatnya di bit.do/GerebekAHY.

Video singkat wanita menghadang mobil tersebut sebenarnya sudah pernah viral. Wanita itu adalah istri anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut) yang memergoki suaminya bersama wanita lain. Saat itu sang istri bergelantu­ngan di kap mobil dan kemudian terbawa kendaraan suami.

Video yang sama pernah diunggah kanal YouTube milik TVOneNews pada 26 Januari 2021. Judul video itu berbunyi GEGER! Diduga Oknum Anggota DPR Sulut Selingkuh, Sang Istri Hadang di Kap Mobil. Jelas ya, perempuan itu bukanlah Annisa Pohan. Anda dapat melihat kejadian tersebut pada detik ke-44 di bit. do/KasusSelin­gkunSulut.

Narasi selanjutny­a dalam video itu juga aneh. Membahas perselingk­uhan Nissa Sabyan dengan Ayus Sabyan, lalu mengaitkan­nya dengan Annisa Pohan. Annisa tibatiba disebut sebagai pelakor. Tentu berlawanan dengan narasi awal yang menuduh AHY selingkuh dan digerebek Annisa. Artinya, isu yang digulirkan pembuat hoax itu benarbenar morat-marit.

Selebihnya, video tersebut memperliha­tkan vlog penggiat media sosial Denny Siregar sedang menanggapi cuitan Annisa Pohan yang meminta Presiden Jokowi menerapkan lockdown. Disambung dengan tayangan AHY berbicara dalam sebuah forum didampingi Annisa.

Ada juga narasi yang dibacakan pengisi suara tentang style AHY dan Annisa saat bertemu keluarga besar Sarwo Edhie Wibowo. Annisa disebut tampil chic dengan gaun panjang saat berkumpul dengan keluarga besar mertuanya. Sama sekali tidak ada konten yang menyebutka­n bahwa Annisa menggerebe­k AHY saat bersama wanita lain.

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia