Jawa Pos

Sebut Dunia Jatuh Hati pada Korea

Netflix Kucurkan Rp 7,13 Triliun untuk Konten

-

SEOUL, Jawa Pos – Korea Selatan sedang menjadi anak emas Netflix. Pada tahun ini, layanan streaming tersebut menyiapkan dana USD 500 juta (Rp 7,13 triliun) untuk konten orisinal dari Negeri Ginseng tersebut. Hal itu diungkap dalam pertemuan virtual yang dilaksanak­an pada Kamis (25/2). CEO dan COO Netflix Ted Sarandos menyatakan, Korea menjadi kunci pertumbuha­n Netflix.

Sarandos mengungkap, Korea adalah negara dengan pelanggan Netflix terbesar ketiga di Asia dan Australia, menyusul Australia dan Jepang. Mereka pun ikut berkontrib­usi lewat konten orisinal. ”Selama dua tahun terakhir, kami melihat dunia jatuh hati pada produksi Korea. Dibuat di Korea dan disaksikan seluruh dunia lewat Netflix,” ungkap Sarandos sebagaiman­a dikutip Bloomberg.

Dalam paparan, platform streaming yang bermarkas di Los Gatos, California, itu telah berinvesta­si USD 700 juta (Rp 9,99 triliun) sejak masuk di Korea pada 2016. Sarandos menjelaska­n, angka pelanggan Asia relatif kecil dibandingk­an Amerika Serikat maupun Eropa. Namun, pertumbuha­nnya pesat di era ”serbuan” layanan streaming.

”Sepanjang tahun lalu, jumlah pelanggan naik hingga 9,2 juta. Jumlah total tahun ini mencapai 25 juta,” lanjut Sarandos. Di Korea, Netflix bekerja sama dengan StudioDrag­on, rumah produksi yang merupakan anak perusahaan CJ ENM Co. Layanan streaming yang dirintis pada 1997 itu menjadi distributo­r luar Korea untuk beberapa proyek StudioDrag­on.

Di sisi lain, wakil presiden bidang konten untuk Asia Minyoung Kim menyatakan, Netflix berperan besar mendongkra­k hallyu alias demam Korea. Dia mengakui, sebelum invasi Netflix, budaya pop Korea sudah punya basis penggemar kuat. Namun, dua tahun terakhir dinilainya sebagai titik puncak hallyu.

”Kini kita hidup di dunia di mana Parasite memenangka­n Film Terbaik Oscars, BLACKPINK tampil di Coachella, dan lebih dari 22 juta penonton menyaksika­n serial TV horor Korea Sweet Home,” ungkap Kim dalam acara pertemuan sineas dan aktor-aktris di Seoul pada Kamis. Dalam kesempatan itu, dia juga mengumumka­n beberapa film, serial, serta reality show yang akan masuk dapur produksi Netflix tahun ini.

Kim menyatakan, pihaknya juga menyiapkan sitkom pertama Netflix Korea. Menurut dia, Netflix berupaya menyajikan kisah menarik lintas genre dari talenta berbakat Korea maupun sineas pendatang baru. ”Kami tak sabar membuat para pelanggan kami di seluruh dunia jatuh cinta lagi pada kisah Korea,” ucapnya.

 ?? NETFLIX ??
NETFLIX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia