Jawa Pos

INOVASI PEMBELAJAR­AN: Jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang bagi Ubaya untuk mencetak generasi dan lulusan yang siap menjawab tantangan zaman.

-

UBAYA sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia berkomitme­n untuk mencetak lulusan program pascasarja­na dan doktoral yang memiliki kemampuan spesifik dan terukur. Lulusan Ubaya siap mengambil peran penting dalam perusahaan, pemerintah, berbagai lini bisnis, dan organisasi. Ubaya pun membuka kesempatan luas bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin upgrade ilmu dan kepakaran. Hal itu bisa diwujudkan lewat kelas online yang tidak terbatas jarak dan waktu.

Program studi yang ditawarkan Ubaya meliputi tujuh program magister, yaitu magister farmasi, magister ilmu hukum, magister manajemen, magister akuntansi, magister psikologi sains, magister teknik industri, dan magister bioteknolo­gi. Selain itu, ada dua program profesi berupa magister profesi kenotariat­an dan magister profesi psikologi. Tak kalah penting, Ubaya juga membuka program doktor psikologi.

Berikut peta keunggulan program studi magister, magister profesi, dan doktoral. Pertama, magister farmasi yang menawarkan peminatan pharmaceut­ical products, cosmetics products, dan natural/herbal products. Terdapat juga peminatan farmasi klinis untuk mempersiap­kan lulusan bekerja di lingkungan rumah sakit, klinik, apotek, dokter medis kantor, serta memastikan obat yang diresepkan ke pasien berdasar kondisi kesehatan. Selanjutny­a, magister ilmu hukum yang siap menghasilk­an lulusan berkualita­s yang menguasai pengetahua­n hukum berkaitan dengan hukum bisnis serta responsif terhadap perubahan masyarakat

Indonesia dan dunia internasio­nal.

Untuk magister manajemen, peminatan yang ditawarkan adalah creative marketing, human capital developmen­t, investment management, logistic and operation management, dan strategic management. Lulusan akan memiliki kompetensi yang continuanc­e improvemen­t, networking competence, proaktif-adaptif, problem solver, global citizenshi­p, dan innovative thinking. Bagi magister akuntansi, peminatan yang ditawarkan adalah bidang akuntansi keuangan, akuntansi dan pengendali­an manajemen, serta innovation accounting. Mahasiswa akan dipandu pengajar dan fasilitato­r serta akademisi-praktisi lintas disiplin ilmu untuk membentuk akuntan yang berpikir strategis, holistik, dan inovatif.

Program magister psikologi sains menawarkan peminatan yang berkaitan dengan urban health, urban education, urban psikologi industri, dan organisasi (plus SDM). Selain teori, mahasiswa melakukan praktik coaching and counseling, pelatihan dan pengembang­an, serta psikologi dan budaya (penulisan artikel ilmiah). Magister teknik industri menghadirk­an pembelajar­an berbasis outcome-based education (OBE) dengan mempertimb­angkan prinsip sustainabi­lity pada aspek teknis, sosial, lingkungan, dan ekonomi. Magister teknik industri telah mendapatka­n akreditasi internasio­nal IABEE dan sertifikas­i internasio­nal AUN-QA.

Selanjutny­a, ada magister bioteknolo­gi yang menawarkan peminatan bioteknolo­gi pangan, bioteknolo­gi tanaman, bioteknolo­gi kesehatan dan forensik, serta bioteknolo­gi lingkungan dan energi terbarukan. Program itu menerapkan prinsip student center learning (SCL) yang mendorong mahasiswa aktif. Program magister profesi kenotariat­an akan menghasilk­an lulusan di bidang ilmu hukum pertanahan yang terampil. Terutama dalam pembuatan akta-akta badan usaha, akta-akta kontrak, akta-akta pertanahan, dan akta-akta keluarga atau waris.

Sementara itu, magister profesi psikologi memiliki lima sasaran kompetensi. Yakni, kompetensi etis, penelitian, asesmen psikologis, intervensi psikologis, serta pelatihan dan konsultasi. Metode pembelajar­an menggunaka­n cooperativ­e learning, collaborat­ive learning, dan case based learning. Program yang tidak kalah istimewa adalah doktor psikologi yang berfokus pada permasalah­an perkotaan (urban psychology) yang kemudian terbagi dalam urban mental health, urban family and education, dan urban industrial and organizati­on.

Rektor Ubaya Benny Lianto mengatakan bahwa mahasiswa pascasarja­na Ubaya harus mencermink­an integritas, kualitas, dan karakter. Hal itu menjadi keunggulan dasar yang wajib dimiliki. Ubaya pun tidak hanya hadir sebagai lembaga pendidikan. Namun juga merupakan wadah pembentuka­n manusia yang mulia dan berkarakte­r. Yakni, manusia yang berakal budi,

https://daftar.ubaya.ac.id/pasca

inovatif, adaptif, beretika, dan berbudaya.

Ubaya juga mempersiap­kan mahasiswa agar siap menghadapi tantangan dan tetap relevan dengan kebutuhan masa depan. Hal itu diwujudkan melalui konsep learning beyond the classroom dengan pola pembelajar­an high choice, high tech, dan high touch. ’’Tujuannya membentuk ability to survive para lulusan Ubaya,’’ ungkap Benny.

Rasakan suasana belajar bersama staf pengajar, peneliti berkaliber internasio­nal, serta praktisi andal di bidang masing-masing. Ubaya juga menawarkan berbagai beasiswa, di antaranya Beasiswa Merit & Equity bagi alumni program sarjana dengan prestasi bagus. Bagi alumni Ubaya, tersedia Beasiswa Alumni Ubaya dan Keluarga Besar Ubaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia