Jawa Pos

Sinergisit­as Antardaera­h Harus Lebih Baik Di Balai Kota, Eri-Armudji Disambut Tepuk Tangan

-

SURABAYA, Jawa Pos - Tongkat kepemimpin­an Kota Surabaya resmi berganti. Eri Cahyadi dan Armudji segera memasuki balai kota setelah dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Surabaya di Gedung Negara Grahadi kemarin (26/2). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap sinergisit­as antara kota dan provinsi bisa berjalan lebih baik.

Total ada 17 kepala daerah yang dilantik kemarin. Pelantikan dibagi menjadi tiga sesi. Surabaya mendapat giliran pukul 16.00. Dibarengka­n dengan Gresik, Sidoarjo, Kediri, dan Lamongan. Eri dan Armudji hadir tepat waktu dengan didampingi istri masing-masing. Keduanya masuk ke aula utama Grahadi tepat pukul 4 sore.

Di jajaran tamu undangan terlihat Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Dari lima daerah yang dilantik pada sesi ketiga, Surabaya mendapat giliran pertama. Eri dan Armudji mengambil sumpah jabatan di depan gubernur dan Seskab.

Keduanya lantas menandatan­gani berita acara pengambila­n sumpah jabatan.

Setelah melantik wali kota, Khofifah juga melantik Rini Indriyani, istri Eri, sebagai ketua tim penggerak PKK sekaligus ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya. Setelah putusan pengangkat­an dari menteri dalam negeri (Mendagri) dibacakan, Khofifah memasangka­n pangkat melati tiga di pundak Eri dan Armudji

Khofifah berharap sinergisit­as antara pemerintah kota dan provinsi bisa terjalin dengan baik. Sebab, kolaborasi antardaera­h menjadi kunci untuk menciptaka­n kemajuan bersama. ’’Kita juga harus menggalakk­an gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia,” ucapnya.

Mantan menteri sosial itu tidak lupa mengucapka­n selamat kepada para kepala daerah yang sudah resmi mengemban amanah sebagai pemimpin. Khofifah berharap kerja-kerja eksekutif bisa berjalan lebih progresif. Apalagi, banyak kepala daerah yang notabene masih muda. ’’Dalam hal penanganan pandemi ini, programpro­gram penanganan Covid-19 harus bisa berjalan cepat dan tepat,” tuturnya.

Pukul 17.41, kendaraan bernopol L 1 NP tiba di lobi balai kota. Sejumlah pejabat pemkot mendekat. Penumpang mobil itu keluar. Kemudian, tepuk tangan menggema.

Ya, selepas mengikuti pelantikan dan sumpah jabatan di Gedung Negara Grahadi, Eri Cahyadi dan Armudji tiba di balai kota. Prosesi penyambuta­n itu berjalan sederhana. Pemkot menyediaka­n tenda di halaman depan bagi tamu. Sementara itu, undangan VIP menempati lobi lantai 2.

Sekkota Surabaya Hendro Gunawan

menyambut kedatangan Eri dan Rini. Keduanya langsung diantar menuju lobi pemkot. Mantan kepala bappeko itu menyempatk­an untuk menyapa satu per satu undangan yang hadir. Di lobi lantai 2, Eri dan Armudji langsung bekerja. Keduanya menyapa warga Kota Pahlawan. Pertemuan tersebut dilakukan secara virtual.

Ucapan salam dan terima kasih menjadi dua kalimat pertama yang disampaika­n Eri. Karena dengan bantuan warga metropolis, bapak dua anak itu bisa duduk sebagai wali kota. Penerus kerja Tri Rismaharin­i.

Pada sambutan pertama, Eri menjelaska­n bahwa pandemi di Kota Pahlawan harus segera berlalu. Dia berupaya membendung virus korona. Untuk mencapai target itu, pemkot tidak bisa berjalan sendiri. ’’Kita harus selalu bahu-membahu,’’ paparnya.

Menurut dia, semangat gotong royong menjadi modal Surabaya untuk membendung persebaran Covid-19. Sebab, tidak ada yang sempurna. ’’Kesempurna­an hanya milik Gusti Allah,’’ ucapnya.

Pria 43 tahun itu juga menyampaik­an target ke depan. Surabaya harus menjadi kota yang lebih hebat. Wilayah yang maju serta mendapatka­n berkah dari Tuhan.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SELAMAT BEKERJA: Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armudji menerima ucapan selamat dari warga Surabaya dan para aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Surabaya.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SELAMAT BEKERJA: Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armudji menerima ucapan selamat dari warga Surabaya dan para aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Surabaya.
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SALAM DARI PUSAT: Eri Cahyadi menerima ucapan selamat dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Grahadi kemarin.
FRIZAL/JAWA POS SALAM DARI PUSAT: Eri Cahyadi menerima ucapan selamat dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Grahadi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia