Jawa Pos

Pengusaha Inginkan Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dunia usaha menyambut positif pelantikan Eri Cahyadi dan Armudji sebagai wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap keduanya mampu menghadirk­an iklim ekonomi yang lebih kondusif.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Apindo Jatim Tri Andi Supriharto­no merasa optimistis dengan kepemimpin­an Eri-Armudji. Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jatim diyakini akan terus mengalami kemajuan. ’’Semoga Kota Surabaya semakin maju dan berkembang,’’ kata Tri Andi kemarin (26/2).

Menurut dia, Surabaya sudah memenuhi berbagai persyarata­n untuk semakin menjadi kota maju dan modern. Salah satunya, kota yang ramah investasi

JSehingga laju perekonomi­an bisa segera pulih. Kami sangat optimistis bisa membaik.”

SUTANDI PURNOMOSID­I

Ketua Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur

Untuk bisa semakin berkembang, kata dia, pemerintah harus makin ramah terhadap investasi yang masuk. ’’Dengan begitu, investor akan menjadi nyaman mengembang­kan usahanya di Surabaya,’’ imbuhnya.

Pemkot juga diminta mempermuda­h proses perizinan bagi dunia usaha. Penanaman modal tidak boleh dipersulit akses birokrasi yang terlalu berbelit dan panjang. Ke depan, pemkot juga harus terus membangun dialog yang baik dengan dunia usaha. ’’Sejauh ini iklim investasi di Kota Surabaya sudah bagus.

Tapi, saya yakin masih bisa ditingkatk­an lagi,’’ papar Tri Andi.

Pengusaha mal juga menaruh harapan besar terhadap kepemimpin­an Eri-Armudji. Ketua Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur Sutandi Purnomosid­i mengatakan optimistis roda perekonomi­an bisa terus membaik meski masih dalam kondisi pandemi. ’’Mengingat latar belakang dan pengalaman beliau berdua (Eri-Armudji, Red), kami optimistis,’’ ujar Sutandi.

Dia berharap duet wali kota dan wakil wali kota yang baru dilantik itu bisa terus melanjutka­n program vaksinasi. Jangkauan penerima vaksin harus diperluas dan diperbanya­k. Sebab, itulah cara terbaik untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. ’’Dengan vaksinasi yang masif, ekonomi akan membaik,’’ imbuhnya.

APPBI berharap pemkot juga perlu melakukan berbagai langkah dalam percepatan perbaikan ekonomi. Di antaranya, pemberian insentif. Misalnya, memberikan pelonggara­n perpajakan, khususnya PBB, pajak iklan, dan promosi ke pelaku usaha di mal. ’’Sehingga laju perekonomi­an bisa segera pulih. Kami sangat optimistis bisa membaik,’’ tegas direktur marketing Pakuwon Group itu.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? AKHIRNYA BALIK LAGI: Eri Cahyadi disambut Sekkota Surabaya Hendro Gunawan di teras balai kota.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS AKHIRNYA BALIK LAGI: Eri Cahyadi disambut Sekkota Surabaya Hendro Gunawan di teras balai kota.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia